PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan)

IKA KARTIKA, (2012) PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340063_IKA KARTIKA (58440856)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

IKA KARTIKA : Penggunaan Cooperative Learning Metode Question Student Have (QSH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan) Pembelajaran tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa, tetapi bagaimana siswa memaknai apa yang dipelajarinya itu. Berdasarkan studi yang dilakukan di SMPN 3 Luragung bahwa dalam pembelajarannya guru lebih banyak ceramah khususnya mata pelajaran IPS Ekonomi, sehingga siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat, dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran rendah. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka guru harus mampu merancang sebuah pembelajaran yang benar-benar dapat membekali siswa baik pengetahuan secara teoritis maupun praktek yaitu dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning metode Question Student Have (QSH). PTK ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH), hasil belajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) pada pembelajaran IPS Ekonomi. Dalam penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa dalam rangka upaya pencapaian tujuan pembelajaran, maka penggunaan metode pembelajaran mempunyai peranan penting dalam mewujudkannya. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran IPS Ekonomi sudah seyogyanya bila pembelajaran kooperatif metode Question Student Have (QSH) diterapkan dalam pembelajaran tersebut, karena dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dan giat dalam belajar, serta memudahkan siswa untuk memahami pelajaran IPS Ekonomi dengan baik, sehingga memperoleh hasil belajar yang baik pula. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Lokasi penelitian ini adalah SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan dengan subjek penelitian- nya adalah siswa kelas VII SMPN 3 Luragung dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Untuk teknik analisis datanya diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif yaitu sebelum soal diberikan kepada siswa dianalisis terlebih dahulu dengan uji validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran tiap butir soal. Sedangkan secara kualitatif menggunakan analisis data statistik deskriptif perhitungan prosentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) di kelas VII SMPN 3 Luragung pada pelajaran IPS Ekonomi dapat diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi (pengamatan) selama proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus III, baik dari hasil observasi tentang aktivitas siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa. Hasil aktivitas siswa pada siklus I 52%, siklus II 74% dan siklus III 86%. Hasil kinerja guru pada siklus I 68%, siklus II 76%, dan siklus III 94%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 60,85, siklus II 68,28 dan siklus III 76. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS Ekonomi dengan penggunaan cooperative learning metode Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Luragung Kabupaten Kuningan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:32
Last Modified: 06 Jun 2017 04:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item