Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film ―Sang Penari‖ Karya Ifa Isfansyah

Wafirotul Fikriyah, (2021) Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film ―Sang Penari‖ Karya Ifa Isfansyah. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa dalam sebuah karya sastra berupa film yang bernilai dapat dilihat dari kevariatifan percakapan bahasa yang digunakan oleh pemainnya serta kevariatifan konteks sosial dan bahasa yang muncul dalam dialog antar tokoh. Tindak tutur dalam film cukup beragam karena dialog antar tokoh mengarah pada kehidupan nyata. Maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif dalam dialog film ―Sang Penari‖ karya Ifa Isfansyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Penjaringan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan teknik Simak Bebas Libat Cakap dan teknik catat. Bentuk tindak tutur direktif dalam dialog film ―Sang Penari‖ karya Ifa Isfansyah ditemukan 54 data tuturan yang terbagi menjadi empat bentuk tindak tutur direktif, yaitu perintah, pemesanan, permohonan, dan pemberian saran. Hasil penelitian tindak tutur direktif dalam dialog film ―Sang Penari‖ karya Ifa Isfansyah menunjukan bahwa bentukbentuk tindak tutur direktif yang paling sering diucapkan adalah bentuk tindak tutur direktif perintah yang berjumlah 24 data tuturan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Oct 2021 00:50
Last Modified: 04 Oct 2021 00:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5594

Actions (login required)

View Item View Item