Analisis Nilai Religius Pada Cerpen Robohnya Surau Kami karya AA Navis Dan Pemanfaatanya Sebagai Media Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA

Muhmmad Faiz, (2021) Analisis Nilai Religius Pada Cerpen Robohnya Surau Kami karya AA Navis Dan Pemanfaatanya Sebagai Media Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki kaitan erat dengan cerpen, nilai religius yang terdapat pada penelitian ini diharapkan mampu digunakan sebagai penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Nilai positif yang terdapat dalam suatu karya sastra diharapkan dapat menjadi tuntunan untuk siswa supaya menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Kajian penelitian ini tentang analisis nilai religius yang terdapat di dalam cerpen. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yang sudah dibuat yaitu terjadi kenakalan remaja seperti tawuran, narkoba dan pergaulan bebas yang mencerminkan tidak diterapkanya nilai religius. Oleh karena itu penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai religius yang terdapat pada cerpen “Robohnya Surau Kami” dan pemanfaatan hasil analisisnya berupa video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat untuk mendapatkan data berupa nilai religius yang terdapat dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Teknik analisisnya menggunakan semiotika Pierce. Instrumen pengumpulan data berupa kartu data. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini ditemukan 35 nilai religius yang terdapat dalam cerpen Robohnya Surau Kami. Nilai religius tersebut terdiri dari 9 nilai ketauhidan, 3 nilai ketakwaan, 6 fikih dan 17 akhlak. Nilai religius tersebut diperoleh dari kata atau frasa yang menandakan dan memiliki makna ketiga nilai religius. Setelah dilakukanya analisis Kemudian dibuat menjadi produk video pembelajaran yang sesuai dengan KD. 3.8 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca atau diperdengarkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:50
Last Modified: 04 Oct 2021 08:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5600

Actions (login required)

View Item View Item