UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KONSUMSI, TABUNGAN DAN INVESTASI KELAS X DI SMA NEGERI 9 KOTA CIREBON ( Penelitian Tindakan Kelas )

Siti Awalina ZA, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATA PELAJARAN EKONOMI POKOK BAHASAN KONSUMSI, TABUNGAN DAN INVESTASI KELAS X DI SMA NEGERI 9 KOTA CIREBON ( Penelitian Tindakan Kelas ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127340068_Siti Awalina Zulfah A. (58440966)__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Awalina ZA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Advance Organizer Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 9 Kota Cirebon Dalam kegiatan belajar mengajar dikelas, guru harus pandai dalam menciptakan suasana belajar yang menyenanngkan. Guru juga harus mampu meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar siswapun ikut meningkat. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah penggunaan model pembelajaran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas. Kreatifitas guru dalam penggunaan model pembelajaran bisa menentukan keberhasilan belajar. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran advance organizer dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Cirebon, 2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran advance organizer pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan metode pembelajaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya metode pembelajaran advance organizer (Peta Konsep), penggunaan model pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar dikelas dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh gurunya. Dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penyerapan materi dan imbasnya akan meningkatkan hasil belajar siswa yang menjadi tujuannya bisa tercapai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.4 di SMA Negeri 9 Kota Cirebon yang berjumlah 34 orang. Adapun dalam menganalisa datanya dengan menggunakan Prosentase. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa SMA Negeri 9 Kota Cirebon terhadap metode pembelajaran advance organizer (Peta Konsep) cukup baik hal dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya perolehan siklus I jumlah siswa yang tuntas 11 dengan nilai rata-rata 56,4 dan prosentase ketuntasan siswa 32,3% yang awalnya nilai rata-rata kelas sebesar 43,8, pada Siklus II siswa yang tuntas 22 dengan niali rata-rata 73 dan prosentase ketuntasannya 64,8%,Pada siklus III siswa yang tuntas 33 siswa dengan nilai rata-rata 74,1 dan prosentase ketuntasannya 97,1%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Feb 2017 04:00
Last Modified: 07 Jun 2017 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item