Emah Khuzaemah, and Lilik Herawati, and Hikmah Uswatun Ummi, (2018) Literacy Education Model Using the Scientific Approach (Model Pendidikan Literasi Menggunakan Pendekatan Saintifik). Indonesian Language Education And Literature (ILEAL), 3 (2). pp. 227-239. ISSN 2502-2261
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya literasi pelajar Indonesia menjadi persoalan bangsa. Sebagai pendidik dituntut untuk dapat membenahi persoalan ini. Seorang pendidik hendaknya terus berupaya untuk menemukan cara yang tepat agar dapat meningkatkan literasi siswanya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan pendekatan Saintifik. Pada penelitian ini, pendekatan Saintifik diterapkan pada pembelajaran menulis kreatif, siswa dimotivasi untuk meningkatkan aktivitas membaca dan menulisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran literasi melalui penerapan pendekatan Saintifik, aktivitas literasi siswa, dan kemampuan menulis cerpen siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di SMPN I Palimanan dengan sampel purposif kelas 7A. Data yang dianalisis berupa kemampuan siswa dalam menulis cerpen dan aktivitas literasi siswa dengan teknik deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas literasi siswa dan kreativitas siswa dalam mengembangkan ide-ide kreatifnya melalui cerita pendek yang ditulisnya
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 03:09 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 03:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5930 |
Actions (login required)
View Item |