Pengaruh Customer Relationship Management Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Nasabah Pembiayaan Oto BSI KCP Jatibarang-Indramayu

Via Nur Riyanti, (2022) Pengaruh Customer Relationship Management Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Nasabah Pembiayaan Oto BSI KCP Jatibarang-Indramayu. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Via Nur Riyanti. NIM: 1808203003, “Pengaruh Customer Relationship Management Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Nasabah Pembiayaan Oto BSI KCP Jatibarang-Indramayu”, Skripsi 2022. Persaingan antar perusahaan di Indonesia semakin ketat, perusahaan berlomba-lomba bersaing untuk menjadi unggul dalam segi bisnis maupun ekonominya. Persaingan ini juga terjadi pada lembaga keuangan yaitu perbankan. Dimana setiap lembaga baik perbankan maupun non perbankan menargetkan customer satisfaction untuk dapat memenangkan persaingan. Customer satisfaction merupakan sebuah respon nasabah terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk atau jasa yang dirasakan setelah menggunakannya. Banyak faktor yang mempengaruhi customer satisfaction diantaranya customer relationship management (CRM) dan service quality. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah nasabah pada pembiayaan oto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management dan Service Quality terhadap Customer Satisfaction pada nasabah BSI KCP Jatibarang-Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 86 responden. Dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Kemudian diuji analisis data dengan menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 23. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial terdapat pengaruh positif dan signifikan customer relationship management terhadap customer satisfaction. Kemudian variabel service quality juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Secara simultan pengaruh variabel customer relationship management dan service quality memberikan kontribusi sebesar 83,9% terhadap customer satisfaction. Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), Service Quality, Customer Satisfaction.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 14 Jun 2022 08:03
Last Modified: 14 Jun 2022 08:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6864

Actions (login required)

View Item View Item