PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK BRAINSTORMINNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPS EKONOMI (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Cirebon)

MULYATI, (2012) PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN TEKNIK BRAINSTORMINNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPS EKONOMI (PTK Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MULYATI_58440822__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MULYATI : “Penerapan Metode Diskusi Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi IPS Ekonomi di SMA Negeri 8 Kota Cirebon” Di dalam pembelajaran, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi pembelajaran, Untuk pencapaian sebuah hasil belajar yang maksimal salah satunya diperlukan sebuah metode pengajaran yang baik dan juga disenangi oleh siawa, sehingga mereka merasa tertarik, semangat dalam belajar dan pada akhirnya akan mencapai nilai yang kita harapkan. Pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan potensi atau karakteristik peserta didiknya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis di SMA Negeri 8 Kota Cirebon, diketahui bahwa dalam pembelajaran bidang studi ekonomi. Disinyalir guru kebanyakan menggunakan metode ceramah, yang mengakibatkan siswa cenderung pasif dan siswa merasa jenuh, karena siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa melibatkan siswa. Meskipun demikian, hasil belajar siswa dapat dikatakan sudah cukup baik karena telah mencapai Standar Ketuntasan Belajar Mengajar (SKBM). Adapun masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana kemampuan guru dalam penyampaian materi dengan menggunakan metode pembelajaran dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran pada bidang studi ekonomi, prestasi belajar ekonomi, dengan hasil belajar siswa pada bidang studi ekonomi di SMA 8 Negeri Kota Cirebon. Diskusi adalah salah satu metode pengajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan dengan kemampuan yang berbeda-beda mereka dapat berbagi dengan sesama mereka dalam penyelesaian masalah yang diberikan Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan empirik, sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 8 kota Cirebon yang berjumlah 33 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan angket, kemudian dianalisis dengan rekapitulasi angket. Hasil PTK ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode pembelajaran diskusi dengan teknik brainstorming di kelas X SMA Negeri 8 kota Cirebon pada pelajaran ekonomi direspon positif oleh siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi (pengamatan) selama proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus III, baik baik dari hasil observasi tentang aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan hasil angket. Hasil aktivitas siswa pada siklus I 70,7%, siklus II 80,5%, dan siklus III 87,8%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60%, siklus II 71,43% dan siklus III 88,57%.adapun hasil angket sebagian besar siswa menjawab sangat setuju sebesar 33,11% dan menjawab setuju 33,14%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Feb 2017 03:46
Last Modified: 07 Jun 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item