Implementasi Kegiatan Membentuk Dengan Menggunakan Media Tanah Liat Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Di Kelompok A TK Islam Al-Mufti Kabupaten Majalengka

Dini Cahyani, (2021) Implementasi Kegiatan Membentuk Dengan Menggunakan Media Tanah Liat Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Di Kelompok A TK Islam Al-Mufti Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Motorik halus berhubungan dengan kemampuan anak dalam menggunakan otot-otot halus yang mengkoordinasikan antara mata dan tangan. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan motorik halus anak yaitu dengan kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat. Kegiatan membentuk merupakan kegiatan yang menekankan otot-otot kecil dan memerlukan koordinasi mata dan tangan. Dalam hal ini kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat dapat diterapkan dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. TK Islam Al-Mufti menerapkan kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak, mengetahui Implementasi kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat, dan mengetahui evaluasi pembelajaran kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat di Tk Islam Al-Mufti Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak, guru dan orang tua di Tk Islam Al-Mufti Kabupaten Majalengka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini diterapkan di kelompok A dan dilaksanakan 1 kali setiap minggu. Perkembangan motorik halus anak sudah berkembang baik diantaranya anak mampu mewarnai dengan rapi, menjiplak sesuai bentuk, dan anak mampu membuat bentuk dengan sempurna. Evaluasi pembelajaran terkait kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat dilakukan melalui teknik observasi, penilaian checklist, serta penilaian hasil karya anak

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:13
Last Modified: 04 Aug 2022 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7601

Actions (login required)

View Item View Item