PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-ANWAR SAMPIRAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON

ROBIUL KHABIBAH, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-ANWAR SAMPIRAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ROBIUL KHABIBAH_58410322_ok-min.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

ROBIUL KHABIBAH (58410322): Pengaruh Penggunaan Media Elektronik terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon Pemberdayaan teknologi dalam pengajaran merupakan pemberdayaan unsur kekuatan luar yang mengakibatkan materi pengajaran, bukan ditentukan berdasarkan keputusan kurikuler, melainkan keputusan yang ditetapkan oleh seorang guru. Namun demikian, penggunaan teknologi itu bukan dimaksudkan menyaingi guru, melainkan lebih merupakan suatu forum dalam upaya mengajar siswa dan untuk memenuhi kebutuhan mereka yakni peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan media elektronik dalam pembelajaran bidang studi Al-Qur’an Hadist kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, untuk memperoleh data tentang Motivasi belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadist kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan media elektronik ini berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada bidang studi qur’an hadist kelas VII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Media pendidikan atau media pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Kemudian memberi batasan media sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif . adapun dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan tes. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 15 % dari jumlah seluruh siswa kelas VII Yaitu 143 siswa dengan menggunakan teknik sampel random. Kemudian data-data tersebut dianalisis untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara variable X dan Variabel Y dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata skor angket tanggapan responden tentang pengaruh penggunaan media elektronik sebesar 90 % prosentase ini termasuk penilaian responden terhadap penggunaan media elektronik. Hasil motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII dinilai dalam kisaran 88,25% %. Hasil perhitungan korelasi antara pengaruh penggunaan media elektronik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon memiliki korelasi rendah yaitu 0,28. Hasil dari kofesien determinasi sebesar 7,84 % saja dan masih 92,16 % faktor lainnya yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Anwar Sampiran Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:07
Last Modified: 12 Jun 2017 02:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item