Supervisi Akademik Internal Guru TK Pendekatan Kolaboratif

Libri Rizka Puri Windarta, Libri Rizka Puri Windarta (2021) Supervisi Akademik Internal Guru TK Pendekatan Kolaboratif. WISDOM Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02. ISSN 2723-5491

[img]
Preview
Text
Supervisi akademik.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah mempunyai kewenangan sendiri untuk melakukan supervisi internal dan memilih jenis pendekatan yang digunakan di sekolah sesuai dengan karakteristik lembaga, Manfaat supervisi akademik internal adalah untuk meningkatkan kompetensi profesionalitas guru dan teknik guru dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di TK ABA Sumberadi yang memiliki jumlah guru 7 orang,dilakukan pada bulan Desember. Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran nyata tentang lembaga yang menggunakan pendekatan kolaboratif dalam supervisi akademik. Jenis penelitiannya kualitatif, subyek penelitian kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumen, wawancara dilakukan secara langsung oleh kepala sekolah dan guru dengan bertemu di sekolah. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis data yang di dapat dari wawancara kemudian diolah dan disajikan dengan narasi. Temuan penelitian ini adalah pendekatan kolaborasi merupakan pendekatan yang dipilih oleh kepada sekolah karena dipandang lebih efektif untuk perbaikan lembaga dan kepala sekolah lebih leluasa dalam menggali kendala yang muncul pada proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Supervisi akademik ; guru TK ; kolaborasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:54
Last Modified: 03 Oct 2022 08:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8038

Actions (login required)

View Item View Item