Suniti, SN (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM DARURAT DI MTs SWASTA KOTA CIREBON. Project Report. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.
|
Text
SUNITI_PENELITIAN_2022.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dunia Pendidikan sangatlah penting bagi semua kalangan dari anak-anak, remaja sampai dewasa, bahkan lingkungan pun menjadi pusat berkembangnya pendidikan. Lingkungan sekolah adalah salah satu tempat pendidikan yang bagus dimana siswa bisa belajar dengan menggunakan fasilitas yang telah tersedia dan guru-guru yang telah dipersiapkan oleh lembaga yang sesuai dengan kompetensi masing-masing, Namun untuk menerapkan kurikulum darurat yaitu daring di MTs Swasta Kota Cirebon mengalami kendala dikarenakan tidak semua siswa mempunyai HP, kalau toh mempunya HP, banyak siswa yang mengeluh tidak mempunya uang untuk membeli kuota. Tujuan dari penelitian ini adalah; untuk mengetahui dan menganalisis penerapan kurikulum darurat, untuk mengetahui dan menganalisis kendala apa saja yang dihadapi oleh guru selama menerapkan Kurikulum Darurat, usaha apa saja yang dilakukan oleh guru untuk meminalisir kendala-kendala yang ada dan untuk mengetahui Efektivitas penggunaan Kurikulum Darurat di MTs Swasta Kota Cirebon . Pada masa darurat harus tetap mengadakan pembelajaran. Dengan adanya Kurikulum Darurat semua satuan pendidikan dapat memilih salah satu pilihan yang bisa diambil satuan pendidikan yang melakukan pembelajaran jarak jauh, kurikulum darurat diciptakan untuk penyederhanaan kompetensi dasar selama pembelajaran jarak jauh. Kurikulum darurat ini bertujuan memberikan fleksibelitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. (Sanjaya & Rastini, 2020: 169) Metode yang digunakan deskriftif kualitatif, dengan mengunakan instrument observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ; Implementasi Kurikulum Darurat di MTs Swasta kota Cirebon dilaksanakan dengan baik dan sesuai aturan pemerintah yang berlaku, kendala yang dihadapi jaringan internet yang kurang bagus, kuota menjadi beban orang tua, keterbatasan pemilikan alat komunikasi pendukung, pemahaman akan penggunaan teknologi canggih masih rendah, kurangnya motivasi dari siswa, oran tua dan lingkungan sekitar. Usaha-usaha yang dilakukan ; Subsidi Kuota Internet, Home Visit , pembelajaran yang fleksibel. Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan kurikulum darurat, berdasarkan sampel nilai rapor siswa dapat disimpulkan bahwa kurikulum darurat efektif digunakan selama masa darurat covid 19. Hal itu dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang dapat memenuhi ambang batas minimal atau kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Kata Kunci : Kurikulum Darurat, Implementasi, Efektivitas.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 03:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8042 |
Actions (login required)
View Item |