PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON

MASRI’AH, (2013) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MASRI'AH_58410312_ok-min.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

MASRI’AH (58410312) : “PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON” Penelitian ini bertolak dari perolehan data wawancara bahwa dalam proses belajar mengajar, Guru Al Qur’an Hadits memiliki kompetensi guru yang baik khususnya kemampuan komunikasi dalam proses belajar mengajar. Namun hasil Observasi Penulis, walaupun kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar baik, namun tidak terlalu memberikan pengaruh baik terhadap pemahaman materi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist, dengan indikasi masih ada beberapa siswa yang diberikan pertanyaan tentang materi Al Qur’an Hadits tidak dapat menjawabnya, PR yang ditugaskan ada yang belum dikerjakan, dan hasil ulangan yang diperolehpun nilainya tidak sesuai dengan KKM. Jadi, masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dalam Proses Belajar Mengajar terhadap Pemahaman Materi pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar, memperoleh data tentang pemahaman materi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits siswa kelas VIII, untuk memperoleh data tentang Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dalam Proses Belajar Mengajar terhadap Pemahaman Materi pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar yang baik akan berdampak baik pula terhadap pemahaman materi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan empirik dengan melakukan studi lapangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket kepada siswa yang dijadikan sampel sebanyak 20% dari jumlah seluruh siswa kelas VIII yaitu 263 siswa dengan menggunakan teknik sample random. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus prosentasi dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan variabel Y, maka digunakan rumus product moment. Berdasarkan analisi di atas dapat disimpulkan bahwa: kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar di MTs Negeri Karangkendal tergolong baik, terbukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa untuk menilai kemampuan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar menunjukkan nilai 62,83% (baik), pemahaman materi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits siswa kelas VIII MTs Negeri Karangkendal tergolong cukup baik, terbukti dari hasil angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan nilai 53,77% (cukup baik). Dan adapun Pengaruh Kemampuan Komunikasi guru dalam Proses Belajar Mengajar terhadap Pemahaman Materi pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Karangkendal Kapetakan Cirebon menunjukkan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan nilai korelasi sebesar 0,33 pada standar penelitian product moment berada pada jarak 0.200 – 0.400 dengan kategori korelasi rendah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:52
Last Modified: 12 Jun 2017 01:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item