Dessy Kushardiyanti, and Suryadi, Sur and Novy Khusnul Khotimah, (2022) Hashtag dan Community Engagement Konten Perkembangan Ekonomi Kreatif Cirebon pada Media Sosial Instagram. JurnalKomunikasi Nusantara, 4 (1). pp. 24-32. ISSN 2685-7650
|
Text
Hashtag...Suryadi.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menelusuri dan menganalisis konten media sosial Instagram untuk melihat community engagement melalui serangkaian berita-berita online di Instagram, khususnya di sektor ekonomi kreatif. Metode penelitian berbasis kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten, menelusuri # (hashtag) dengan kata kunci Cirebon dan melakukan pengelompokan beberapa akun guna dilihat engagement berdasarkan followers dan jumlah uggahan untuk melihat aktivitas pada konten tersebut melalui caption atau deskripsi gambar serta keterlibatan masyarakat sebagai pengguna Instagram. Hasil penelitian menyebutkan peran sosial media Instagram ditinjau dari analisis konten memberikan dampak dan pengaruh besar terhadap ekonomi pembangunan di kota Cirebon ditinjau dari pendapat, ajakan, edukasi beberapa pengguna akun Instagram karena terlihat adanya community engagement di beberapa unggahan untuk memajukan kota Cirebon sebagai kota jasa di Indonesia. Peran serta pelaku usaha/wirausaha memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi pembangunan dan ekonomi kreatif karena temuan dan banyaknya pelaku wirausaha memiliki barang dan jasa dengan keunikan masing-masing serta besarnya penggunaan sosial media Instagram sebagai salah satu pemanfaatan teknologi dilihat dari teori ekonomi pembangunan Rostow
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 05:05 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 05:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8279 |
Actions (login required)
View Item |