ASEP NURWAHID, (2013) PERAN DAN KARAKTER GURU STUDI TERHADAP AL-QUR’AN SURAT ALI IMRAN AYAT 159. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
ASEP NURWAHID_06410234_ok-min.pdf Download (695kB) | Preview |
Abstract
ASEP NURWAHID, NIM: 06410234, Peran dan Karakter Guru Studi terhadap Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 159. Guru merupakan hal urgen yang harus diperhatikan dalam rangka menciptakan kondisi pendidikan yang kondusif, efektif dan efisien sehingga melahirkan lulusan yang memiliki kepribadian yang istimewa. Fenomena yang terjadi belakangan menunjukkan hal yang memprihatinkan di dunia pendidikan, tawuran antar pelajar sudah menjadi hal yang rutin dilakukan siswa. Beberapa kasus bahkan dilakukan oleh seorang guru. Diantaranya, ada guru yang dilaporkan ke pihak berwajib oleh orang tua murid terkait dengan tindakan kekerasan terhadap anaknya. Belum lagi yang tersiar di media, baik media elektronik maupun media cetak yang menunjukkan kasus-kasus yang menimpa seorang guru. Al-Quran merupakan sumber kehidupan yang berlaku sampai kapanpun. Di dalamnya memuat ide-ide ilmiah yang mengatur segala persoalan dan kebutuhan manusia termasuk salah satu diantaranya adalah pembahasan mengenai peran dan karakter guru yang termaktub dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 159. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai yang terkandung dalam Al- Qur’an surat Ali Imran ayat 159, mengetahui peran dan karakter guru menurut menurut Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 159 dan implikasi dari konsep pendidikan menurut Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159. Guru yang merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dan memiliki peran yang sangat penting yang dalam penyelenggaraan pendidikan bertugas menyelenggarakan kegiatan mengajar, membimbing, melatih, meneliti, mengelola pendidikan dan menentukan kuantitas serta kualitas pengajaran yang dimaksud. Semua pola tingkah guru menjadi sorotan sekaligus contoh bagi murid, sehingga dalam proses pendidikan guru berperan sebagai figur yang dijadikan tauladan oleh murid-muridnya. Atas dasar itu, sudah semestinya guru memiliki karakter pribadi yang cakap dan memadai sehingga dapat menjadi figur yang baik dan mampu melaksanakan peran dan fungsinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik library research dengan menganalisis Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 dengan menggunakan kitab-kitab tafsir disertai dengan survei terhadap literatur yang berkaitan dengan masalah yang diamati. Setelah data terkumpul, penulis akan menganalisis dengan didasarkan kepada prosedur yang harus dijalani. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 adalah sikap lemah lembut, memaafkan, bermusyawarah dalam menyelesaikan persoalan, bertawakkal dan yakin akan pertolongan Allah SWT. 2) Peran dan karakter guru dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 menunjukkan gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. yang lemah lembut, yang mengutamakan musyawarah untuk kepentingan bersama walaupun otoritas ada ditangan beliau. Nilai yang lain adalah tawakkal kepada Allah SWT. sebagai bentuk penyerahan diri. 3) Implikasi dari konsep pendidikan menurut Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 adalah guru harus mengajar dengan memperhatikan segala kelebihan dan potensi murid sehingga dapat lebih berkembang. Pola pengajaran yang dilakukan dengan cara memberikan pengajaran kepada murid secara santun.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 07:07 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 04:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/835 |
Actions (login required)
View Item |