UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL GET A STAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SALAFIYAH KOTA CIREBON

YULITHA, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING MODEL GET A STAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YULITHA INDAH MUMPUNI_59440973_(tidak ada kata pengantar dan daf isi)-min.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

YULITHA : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Active Learning Model Get A Star Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Salafiyah Kota Cirebon Strategi Get A Star adalah suatu pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran yang menyenangkan, dinamis, dan aktif dan diharapkan dapat memotivasi siswa untuk mengembangkan kompetensi baik secara perorangan ataupun kelompok. Tiap siswa dalam kelompok dapat menjawab kuis dan meraih skor sebanyak-banyaknya agar kelompok mereka mendapat nilai tertinggi. Dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif model Get A Star, siswa lebih aktif dan berani dalam mengemukakan pendapat sehingga pembelajaran di kelas menjadi hidup. Namun pada kenyataannya guru mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII lebih banyak menggunakan metode klasik seperti metode ceramah. Untuk itu, penulis mencoba untuk meneliti tentang Strategi pembelajaran aktif model get a star di MTs. Salafiyah Kota Cirebon. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui penerapan strategi active learning model Get A Star pada mata pelajaran IPS di MTs Salafiyah Kota Cirebon. 2). Untuk mengetahui aktifitas belajar siswa dalam penerapan strategi active learning model Get A Star pada mata pelajaran IPS di MTs Salafiyah Kota Cirebon. 3). Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi active learning model Get A Star pada mata pelajaran IPS di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini bertitik tolak pada kerangka pemikiran bahwa penggunaan strategi active learning model Get A Star dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII pada sub pokok kegiatan ekonomi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi active learning model Get A Star terdiri dari 3 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VII C MTs Salafiyah Kota Cirebon yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan test, angket, observasi dan dokumentasi Berdasarkan analisis dan kajian pada bab IV tentang penggunaan strategi Active Learning model Get A Star pada mata pelajaran IPS di kelas VIII-C MTs Salafiyah Kota Cirebon dapat disimpulkan bahwa: 1). Respon siswa terhadap penggunaan strategi Active Learning model Get A Star pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII-C sebesar 45,76% dengan kriteria cukup. 2).Aktivitas belajar siswa kelas VIII-C pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata 76% dengan kriteria aktif. Pada siklus II rata-rata 90% dengan kriteria sangat aktif. Selanjutnya, Pada siklus III rata-rata 96% dengan kriteria sangat aktif. 3). Nilai dan hasil belajar siswa kelas VIII-C juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya dan jumlah siswa yang tuntas belajar semakin bertambah. Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya strategi Active Learning model Get A Star diperoleh nilai rata-rata kelas 54,83 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 23,33%. Setelah diterapkannya strategi Active Learning model Get A Star pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 58,5 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,66%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,33 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33%. Pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 93,16 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:21
Last Modified: 14 Mar 2017 08:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item View Item