Syafira Nurlaili, (2022) PENERAPAN MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X MAN 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran CBL (Case Based Learning) merupakan pembelajaran kompleks yang berkaitan erat dengan kasus berupa sekenario masalah yang realistik dan relevan dengan materi yang akan dipelajari, dimana siswa juga berpartisipasi aktif untuk mengintegrasikan banyak sumber informasi pada konteks serta siswa mencoba menyelesaikan kasus berdasarkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya. Penelitian ini bertujun uantuk mengetahui Model CBL (Case Based Learning) terhadap keterampilan memecahkan masalah Lingkungan pada siswa, untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan memecahkan masalah lingkungan pada siswa dan yang menerapkan model CBL (Case Based Learning) dan yang tidak menerapkan Model CBL (Case Based Learning) dan untuk mengetahui respon siswa yang menerapkan model pembelajaran CBL (Case Based Learning). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatid�deskriftif, dengan desain penelitiaan pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1&2 di MAN 2 Cirebon. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model CBL (Case Based Learning) dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran yang biasa digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-2 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Istrumen penelitian berupa soal PG (Pilihan Ganda) sebanyak 30 soal lembar kerja siswa, projek akhir dan angket. Berhasarkan hasil hipotesis statistic dapat diketahui bahwa nilai Sig Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar ,000 sehingga dapat disimpulkan ,000 < 0,05 dan hipotesis diterima. Jika hipotesis diterima maka artinya terhadap pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran CBL (Case Based Learning) untuk memecahkan masalah lingkungan pada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Case Based Learning, memecah masalah, Lingkungan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 07:15 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 07:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8540 |
Actions (login required)
View Item |