PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELEGENCES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS MADINATUNNAJAH KELURAHAN KECAPI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON

JANNATU AINI, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELEGENCES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS MADINATUNNAJAH KELURAHAN KECAPI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
JANNATU ANINI_59440907_ok-min.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

JANNATU AINI : Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTs Madinatunnajah Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon Strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences merupakan suatu upaya mengoptimalkan berbagai intelegensi yang dimiliki setiap siswa dan memacu kecerdasan yang dominan pada diri siswa seoptimal mungkin. Dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences, siswa lebih aktif dan berani untuk mengemukakan pendapat sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan tidak monoton. Tetapi pada pelaksanaannya guru mata pelajaran IPS kelas VII lebih banyak menggunakan metode klasik salah satunya yaitu hanya menerapkan metode ceramah dan media pembelajaran yang kurang bervariatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kejelasan data tentang (1). Penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Madinatunnajah Kota Cirebon. (2). aktivitasaktivitas siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences. (3). Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences. Penelitian ini didasarkan atas pemikiran bahwa suatu strategi belajar yang relevan dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII pada sub pokok kegiatan ekonomi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari pra siklus dan 3 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VII di MTs Madinatunnajah Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon yang berjumlah 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1). Penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences dapat dikategorikan baik dengan prosentase 49,17% siswa menyatakan setuju. (2). Aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata 64%, siklus II 74%, dan siklus III diperoleh rata-rata 86%. (3). Hasil penelitian pada Pra siklus rata-rata kelas 55,41%, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 29,16%, pada siklus I rata-rata 65,41% dengan persentase ketuntasan belajar 41,66%. Pada siklus II rata-rata 72,29% dengan ketuntasan belajar 70,83%, dan pada siklus III rata-rata 80% dengan ketuntasan belajar sebesar 87,5%. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Madinatunnajah Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Kata kunci : Multiple intelegences, hasil belajar, PTK

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:00
Last Modified: 15 Mar 2017 03:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item