Hayya Annisa Fitriani, (2022) Manajemen Boarding School Dalam Pengembangan Karakter Santri SMA Prakarya Santi Asromo Kota Majalengka. Bachelor thesis, S1 Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya untuk mempengaruhi karakter seseorang dalam membentuk kepribadian dengan pembiasaan dan pelatihan menuju pribadi yang baik. Simon Philips menyebutkan, karakter adalah kumpulan tata nilai yang menuju pada suatu sistem, yang melandasi pemikiran, sikap, dan perilaku yang ditampilkan. Banyak nya asus yang menimpa usia remaja ditengah zaman yang semakin pesat diantaranya narkoba, pergaulan bebas, kecanduan game online, pelecehan seksual, tawuran dan kasus-kasus lainnya. Berbagai kasus ini menjadi alasan penting untuk dimulai nya pendidikan karakter di usia remaja agar menjadi pertahanan diri untuk selalu berbuat baik. Boarding School merupakan lembaga pendidikan di mana siswa tidak hanya belajar namun juga bertempat tinggal di lembaga tersebut selama masa studi. Dengan adanya boarding school penanaman karakter pada anak memberi ruang untuk membentuk karakter anak yang lebih baik. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana perencanaan manajemen boarding school dalam pengembangan karakter santri ? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen boarding school dalam pengembangan karak�ter santri? (3) Bagaimana evaluasi manajemen boarding school dalam pengem�bangan karakter santri?. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen boarding school dalam pembelajaran daring di SMA Prakarya Santi Asromo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi mendalam dan dokumentasi. Penelitian melakukan analisis menggunakan bebera�pa tahapan yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan, yaitu menyiapkan dokumen penyelengaaraan program, adanya jadwal kegiatan santri, program bulanan dan tahunan santri, (2) Pelaksanaan program di SMA Prakarya Santi Asromo dengan membuat program pembiasaan rutinitas harian santri, lalu ada program tahfiz dan Bahasa. Serta membiasakan anak untuk tertib, disiplin , mandiri dan bertangggung jawab (3) Evaluasi, penilaian program dengan santri setiap seminggu sekali, lalu selalu diadakannya rapat bulanan dan mingguan dengan para ustad dan ustadzah, Dan adanya dokumen rapot pondok yang didalamnya terdapat nilai perkembangan karakter santri selama satu semester.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Boarding school, Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:44 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8783 |
Actions (login required)
View Item |