PENGARUH PERILAKU SOSIAL ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MTs AN – NUR KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON

ILMANUDIN, (2013) PENGARUH PERILAKU SOSIAL ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MTs AN – NUR KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ILMANUDIN_07440528_ok-min.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

ILMANUDIN, “Pengaruh Perilaku Sosial Anak Terhadap Pretasi Belajar Anak di MTs An – Nur Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon”. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pengarahan, bimbingan, serta pembinaan tentang perilaku sosial yang diadakan di sekolah MTs An – Nur Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon dengan mengadakan ekstrakulikuler ataupun arahan langsung oleh guru – guru untuk menjadikan siswa berperilaku baik, namun berdasarkan penelitian awal ditemukan masih adanya sebagian siswa yang berperilaku kurang baik. Pesatnya perubahan yang diakibatkan oleh globalisasi khususnya yang menyangkut perubahan perilaku sosial, berpengaruh dan berhubungan terhadap perilaku sosial siswa. Oleh karena itu, untuk mencapai prestasi yang lebih baik, seharusnya para guru untuk bisa melakukan berbagai macam pembenahan. Dari mulai proses belajar mengajar , pengarahan, pembinaan serta bimbingan dikemas dengan lebih baik dan kreatif. Kreatifitas guru dalam merubah perilaku sosial yang lebih untuk mengarah kepada kebaikan pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data tentang seberapa besar pengaruh perilaku sosial anak terhadap prestasi belajar dilingkungan sekolah MTs An – Nur Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Selain itu juga untuk meningkatkan prestasi belajar disekolah. Data yang dibutuhkan dalam penyusunan skripsi ini ada dua, data teoritik diambil dari buku – buku dan literatur lainnya yang ada hubungannya dengan judul skripsi untuk dijadikan sumber rujukan. Data empirik diperoleh melalui terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik angket dan observasi. Dengan jumlah sampel 40 siswa pada kelas VIII MTs An-Nur tahun pelajaran 2012/2013. Pengolahan data menggunakan angket, observasi langsung dilapangan, uji t,uji korelasi, uji hipotesis, dan koefisiensi determinasi. Hasil dari penelitian ini bahwa sikap siswa secara umum menunjukan respon yang positif (kategori sedang) dan tidak ada yang memberikan respon rendah terhadap perilaku sosial anak terhadap hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa dengan adanya perilaku sosial anak di kelas VIII MTs An – Nur bila dibandingkan dengan skor rata-rata kurva normal ideal tergolong tinggi, skor ratarata sebesar 62,39. Dari hasil perhitungan uji koefesien korelasi (r) = 0.3441 dalam kategori sedang nilai tersebut berada pada rentang 0,40-0,70 (korelasi sedang) dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,0913 dan ttabel = 3,01. Karena thitung = 3,0913 di luar interval kriteria pengujian, yaitu 3,0913 thitung > ttabel 3,01 , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa perilaku sosail anak yang baik dapat meningkatan prestasi siswa di kelas VIII MTs An – Nur Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:18
Last Modified: 15 Mar 2017 03:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item