Nurzahro Tusolihah, (2021) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
SKRIPSI Cover sd Daftar Isi NURZAHRO TUSOLIHAH (1414153137).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB 1 NURZAHRO TUSOLIHAH (1414153137).pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB 5 NURZAHRO TUSOLIHAH (1414153137).pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI Daftar Pustaka NURZAHRO TUSOLIHAH (1414153137).pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Congklak merupakan permainan tradisional yang mempunyai sejarah lama dan mengandung filosofi-filosofi dalam perkembangannya. Permainan tradisional congklak apabila dieksplorasi ternyata ada kaitannya dengan matematika. Dalam hal ini, matematika dapat dilihat dari perspektif budaya yang disebut etnomatematika. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi permainan tradisional congklak dari sisi etnomatematika sehingga dapat mengetahui nilai budaya permainan tradisional congklak serta kaitannya dengan matematika. Tujuan lainnya yaitu, untuk mendeskripsikan unsur-unsur matematika yang terdapat pada congklak dan untuk mengetahui peran congklak dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian etnografi yang didukung dengan metode penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan menggunakan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu recorder, kamera, dan alat tulis. Hasil eksplorasi etnomatematika pada permaian tradisional congklak dilihat dari unsur matematikanya yaitu terdapat aritmetika, geometri, graf, dan peluang. Unsur budaya pada permainan tradisional congklak yang peneliti dapatkan dari hasil penelitian yaitu kejujuran (sportif), ketelitian, kesabaran, dan saling berbagi. Permainan tradisional congklak dalam pembelajaran matematika berperan sebagai media pembelajaran berbasis etnomatematika. Hasil penelitian ini ialah sebagai informasi bagi guru untuk menjadikan permainan tradisional congklak menjadi media pembelajaran matematika baik dengan permainan tradisional congklak yang konvensional maupun secara digital. Etnomatematika pada congklak dalam pembelajaran matematika dapat menumbuhkan karakter bangsa dan melestarikan budaya, karena selain belajar matematika juga belajar budaya. Selain itu, hasil pemahaman etnomatematika yang terdapat pada congklak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat maupun siswa untuk membuat mereka dapat memenangkan permainan. Hal tersebut dilakukan dengan cara menerapkan ilmu matematika yang telah diketahui, kemudian menjadikannya strategi dalam memenangkan permainan tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Congklak, Nilai Budaya, Etnomatematika, Graf, Media Pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 05:00 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 05:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8904 |
Actions (login required)
View Item |