Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Keas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Klangenan Kabupaten Cirebon

Fadlan Abdurrahman, (2022) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Keas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Klangenan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang efektif ialah metode yang dikembangkan sesuai dengan kondisi, potensi, tingkat kemampuan, minat, motivasi, masalah, gaya dan kecepatan belajar peserta didik. Tutor sebaya merupakan salah satu alternative yang dapat ditempuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tutor sebaya adalah sekelompok siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran, memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui hasil belajar yang tidak menggunakan metode tutor sebaya kedua unuk mengetahui seberapa besar hasil belajar yang menggunakan metode tutor sebaya ketiga untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan metode tutor sebaya dan metode ceramah pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Klangenan.Kerangka pemikiran penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran yang bervariatif sangat membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu metode pembelajaran yang sangat variatif dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Untuk itu metode pembelajaran tutor sebaya dalam proses pembelajaran PAI sangat dinilai penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Klangenan Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui tingkat keefektifitasan penggunaan metode pembelajaran guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Klangenan Kabupaten Cirebon. 2) Untuk mengetahui hasil belajar yang ditunjukan siswa di SMP Negeri 2 Klangenan Kabupaten Cirebon. 3) Untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi metode tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah (metode yang biasa dipakai guru PAI) pada mata pelajaran Pendidikana Agama Islam di SMP Negeri 2 Klangeanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun tektik pengumpulan datanya adalah: 1) observasi, 2) Angket, 3) wawancara, 4) dokumentasi, dan 5) tes, hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi dengan menggunakan perhitungan Uji t atau uji perbandingan. Berdasarkan penelitian ini tentang variabel X (Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya) dan variabel Y (Hasil Belajar pada mata pelajaran PAI siswa SMP Negeri 2 Klangenan), setelah dibuktikan dan dianalisis dengan persetujuan kategori tinggi dan rendah, dengan melakukan perbandingan anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui uji t (uji perbandingan) menunjukkan hasil yang positif yaitu 2,067. Diketahui thitung 2,067 berada di atas ttabel 1,66. Oleh karena itu, hipotesis di atas secara statistic diterima (H1), yang berarti ada perbedaan rata-rata yang cukup tinggi hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, dan Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:26
Last Modified: 11 Jan 2023 01:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9204

Actions (login required)

View Item View Item