Astrianih Asryatno, (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350012_Astrianih Asryatno_58450979__ok.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Astrianih Asryatno. NIM 58450979. PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA CIREBON. Kemampuan penalaran dalam pembelajaran matematika merupakan masalah yang kerap dialami oleh para siswa di sekolah. Kesulitan siswa untuk menemukan penyelesaian atau pemecahan masalah dalam belajar matematika karena kurangnya kemampuan untuk menarik kesimpulan suatu pernyataan, siswa tidak dapat melihat hubungan antar ide-ide dan siswa sulit memberikan alasan logis mengapa sebuah jawaban atau strategi pemecahan masalah adalah benar dan masuk akal. Hal tersebut mengindikasikan bahwa penalaran siswa masih rendah dan perlu untuk ditingkatkan. Berdasarkan hasil penemuan tersebut, maka diperlukan adanya suatu media pembelajaran khusus untuk membantu siswa agar lebih mudah dalam proses belajar dan dapat meningkatkan kemampuan penalarannya. Media pembelajaran yang dicoba untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa adalah macromedia flash 8. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash 8 terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Dalam penelitian ini, indikator kemampuan penalaran matematika yang digunakan adalah kemampuan menyajikan pernyataan matematika melalui tulisan, gambar, sketsa atau diagram, kemampuan mengajukan dugaan (conjectures), kemampuan menentukan pola/rumus, dan kemampuan menarik kesimpulan atau melakukan generalisasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 kota Cirebon. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes berupa tes kemampuan penalaran matematika siswa dan instrumen angket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya siswa merespon setuju terhadap pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash 8. Rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa dalam aspek menyajikan pernyataan matematika, mengajukan dugaan, menentukan pola/rumus dan menarik kesimpulan yaitu sebesar 55,14 pada pokok bahasan bangun ruang kubus dan balok. Persamaan regresi yang digunakan untuk memprediksi kemampuan penalaran matematika siswa berdasarkan pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash 8 adalah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 16 Mar 2017 07:16 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 02:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/937 |
Actions (login required)
View Item |