PENGARUH PENDEKATAN INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA MEKAR ARUM BANDUNG KELAS X PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA

A’AH KHOLIFAH, (2012) PENGARUH PENDEKATAN INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA MEKAR ARUM BANDUNG KELAS X PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350017_A'AH KHOLIFAH_58451053__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

A’AH KHOLIFAH: “Pengaruh Pendekatan Investigasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Mekar Arum Bandung Kelas X Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga” Salah satu disiplin ilmu yang memiliki peranan penting dalam perkembangan sains dan teknologi adalah matematika. Namun demikian banyak siswa yang kurang berminat dalam mempelajari matematika, salah satu diantara alasannya adalah karena pendekatan yang digunakan masih konvensional, dimana pembelajaran guru terlalu mendominasi kegiatan belajar mengajar, sementara siswa cenderung pasif. Salah satu pendekatan yang dapat menjadi solusi permasalahan di atas adalah pendekatan investigasi, pendekatan investigasi adalah pendekatan yang mengharuskan siswa untuk banyak terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sementara guru hanya berperan sebagai fasilitator. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pengaruh penggunaan pendekatan investigasi terhadap hasil belajar matematika siswa, melihat respon siswa terhadap pendekatan investigasi, serta melihat seberapa besar peningkatan hasil belajar siswaq setelah diterapkannya pendekatan investigasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Mekar Arum Bandung tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 4 kelas dengan 162 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu atau purposive sampling yaitu kelas X 1 yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket respon siswa tentang pendekatan investigasi dan posttest mengenai hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan uji statistik analisis regresi. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung pada variable metode pembelajaran investigasi adalah 8,956, nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 5%) adalah 2,024. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (8,956 > 2,024) yang berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar siswa siswa juga baik yaitu 75,80 di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran matematika di SMA Mekar Arum. Dari hasil pengujian nilai koefisien determinasi sebesar 67,2% maka dapat diartikan bahwa variable pendekatan investigasi memberikan konstribusi dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sebesar 67,2%, kelinieran regresi pada Anova , nilai F=80,207 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka regresi dapat dipakai untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan investigasi terhadap hasil belajar matematika siswa dan persamaan regresinya

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:41
Last Modified: 06 Jun 2017 02:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item