PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen Di Kelas VIII MTs Kiarapayung Kabupaten Ciamis)

IIN KARTIKASARI, (2012) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen Di Kelas VIII MTs Kiarapayung Kabupaten Ciamis). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350019_IIN KARTIKASARI_58451070__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IIN KARTIKASARI : “Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Kiarapayung Kabupaten Ciamis)” Anggapan negatif tentang matematika dari para siswa hingga saat ini tidak berubah. Hal ini akan berakibat menurunnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa akan mendapat nilai yang tidak memuaskan. Ini semua dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan inovasi pembelajaran. Salah satunya penggunaan metode belajar yang membuat siswa aktif ketika di kelas dan siswa mampu menemukan konsep sendiri agar apa yang siswa dapat tidak mudah untuk dilupakan, yaitu penggunaan metode discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji respon siswa terhadap penggunaan metode discovery learning, peningkatan motivasi, hasil belajar matematika. Serta mengkaji pengaruh langsung penggunaaan metode discovery learning terhadap motivasi belajar matematika, mengkaji pengaruh langsung motivasi terhadap hasil belajar matematika, dan mengkaji pengaruh langsung dan tidak langsung penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar matematika. Penggunaan metode discovery learning merupakan salah satu inovasi pembelajaran. Metode ini dapat menggugah rasa ingin tahu siswa terhadap matematika sehingga akan meningkatkan motivasi belajar siswa dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Kiarapayung tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 89 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu peneliti secara acak mengambil kelas VIIIA yang berjumlah 29 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode discovery learning, motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dengan uji prasyarat yaitu analisis PCA (Principal Component Analisys), indeks gain, normalitas, homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, untuk kriteria penerimaan hipotesis untuk taraf signifikan 5% terdapat pengaruh langsung penggunaan metode discovery learning terhadap motivasi belajar sebesar 50,4%. Pengaruh langsung motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar sebesar 17,3%. Pengaruh langsung penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 27,6%. Dan pengaruh tidak langsung penggunaan metode discovery learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 29,6%. Serta terdapat pengaruh di luar hasil belajar siswa dinyatakan oleh variable residu ε sebesar 24,2%. Dengan analisis PCA, kelima komponen terbesar dapat menjelaskan metode discovery learning sebesar 89,84%, kelima komponen terbesar dapat menjelaskan motivasi sebelum belajar sebesar 76,902%, kelima komponen terbesar dapat menjelaskan motivasi setelah belajar sebesar 76,702% dan kelima komponen terbesar dapat menjelaskan hasil belajar siswa sebesar 91,821%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:48
Last Modified: 06 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/944

Actions (login required)

View Item View Item