PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs KAPETAKAN CIREBON

Sayyimatul Hotimah, (2012) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs KAPETAKAN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350049_sayyimatul hotimah__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sayyimatul Hotimah. NIM 58450992. PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs KAPETAKAN CIREBON. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Masalah peningkatan kualitas pendidikan merujuk pada peningkatan proses belajar mengajar. Adanya peningkatan proses belajar mengajar, siswa dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapi materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah kesiapan belajar. Siswa yang kurang mempersiapkan diri dalam belajar atau menghadapi materi pelajaran yang disampaikan guru, siswa tersebut akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesiapan belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas VII MTs Kapetakan Cirebon, untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas VII MTs Kapetakan Cirebon, untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di MTs kapetakan Cirebon. Kesiapan menurut James Drever seperti yang dikutip oleh Slameto adalah preparedes to respon or react, artinya kesediaan untuk memberikan respon atau reaksi. Dari pendapat di atas dapat diasumsikan bahwa kesiapan siswa dalam proses belajar mengajar, sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, dengan demikian prestasi belajar siswa dapat berdampak positif apabila siswa itu sendiri mempunyai kesiapan dalam menerima suatu mata pelajaran dengan baik. Penelitian ini mengambil populasi kelas VII MTs Kapetakan Cirebon yang berjumlah 121 siswa. Sementara sampelnya yaitu kalas VII A yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan simple random sampling, Adapun instrument yang digunakan adalah tes dan angket. Data yang terkumpul dianalisis mengggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Berdasarkan angket kesiapan belajar siswa matematika di kelas VIII MTs Kapetakan Cirebon, didapat skor rata-rata yaitu 71,80 dan termasuk dalam kriteria tinggi, dan nilai tes semester siswa kelas VII A MTs Kapetakan Cirebon, didapat nilai rata-rata yaitu 71,43 dan termasuk dalam kriteria tinggi. Pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika menunjukan pengaruh yang tidak signifikan karena memiliki nilai signifikan yang lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,424. Hasil analisis menunjukan bahwa koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar 2%, dan ini termasuk dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan koefisien determinasi sebesar 2% dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar mempengaruhi 2% prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:39
Last Modified: 07 Jun 2017 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item