Sanuri, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS) PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMAN 4 Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350051_SANURI (58451094)__ok.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Sanuri (58451094): Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Tipe Think Pairs Share (TPS) (Studi Eksperimen terhadap siswa kelas X SMAN 4 Cirebon) Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Proses pembelajaran dikelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi. Kenyataan ini berlaku juga dalam studi matematika, sehingga tidak dapat mengembangkan kemampuan anak untuk berpikir kritis dan sistematis. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran matematika diperlukan suatu metode mengajar yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered). Salah satu Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa kelas X SMAN 4 Cirebon terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan Think Pairs Share. Mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 4 Cirebon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Think Pairs Share. Mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa kelas X SMAN 4 Cirebon yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe TPS. Numbered Heads Together adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan cara berkelompok, dimana setiap siswa dari anggota kelompok tersebut diberi nomor. Think Pairs Share adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan cara berpasangan dan memenuhi unsur Think, pairs dan share. Hasil belajar matematika adalah kemampuan yang dimiliki siswa terhadap materi matematika berupa nilai yang diperoleh siswa dalam menjawab soal, setelah diberi pembelajaran dengan model pembelajaran NHT pada kelas X.7 dan tipe TPS pada kelas X.8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dua sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Cirebon tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 402 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling dan diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X.7 yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen I(model pembelajaran NHT) dan kelas X.8 yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen II (model pembelajaran TPS). Uji yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas, dan uji t dua sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan tipe Think pairs Share (TPS) tergolong baik. Dari 42 responden, didapat 40 responden (95,24%) yang merespon positif dan sisanya 2 responden (4,76%) merespon netral. Hasil uji hipotesis dengan uji t dua sampel independent diperoleh -thitung < -ttabel (-2,96 < -1,653), maka terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe Think Pairs Share (TPS)
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 04:47 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/976 |
Actions (login required)
View Item |