IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Kasus di SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon)

Abd Rachman Mildan, (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PAI (Studi Kasus di SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon). Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid 19 (Corona virus Disease-2019) telah melanda sebagian besar negara didunia sejak tahun 2019 tak luput juga negara indonesia mulai awal tahun 2020. Ditengah pandemi tersebut pemerintah melalui kemendikbud No 4 Tahun 2020, poin ke 2 disampaikan terkait dengan pembelajaran dari rumah melaui atau pembelajaran jarak jauh. Ditengah kebijakan yang mengharuskan siswa belajar dengan jarak jauh demi menghindari penyeberan covid-19, Proses pemanfaatan teknologi pada pembelajaran Blended learning menjadi alternatif pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran daring dan luring begitu juga dengan SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon menetapkan model pembelajaran blended learning akan tetapi dalam pelaksanaannya tentunya akan banyak menemukan kendala-kendala mengingat untuk melaksanakan model pembelajaran tersebut banyak yang perlu disiapkan dan perlu sinergi berbagai pihak dalam komponen pendidikan. SMK Telkom sekar kemuning berusaha menerapkan model pembelajaran blended learning, sebagai sekolah yang berbasis IT tentunya secara kelengkapan bisa dilakukan akan tetapi efektifitasnya belum bisa dipastikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan di lapangan (field research). Adapun Tekhnik pengumpulan data melalui; observasi sebanyak 3 pertemuan, wawancara dan dokumentasi. Untuk tekhnik analisis data, penelitian melakukan empat tahapan yaitu; reduksi data yang meliputi pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian, penyajian data yang meliputi kegiatan memilah data yang sesuai dengan fokus masalah, verifikasi data yaitu mengklasifikation data yang sesuai dengan fokus penelitian dan penarikan kesimpulan berdasarkan fokus masalah yang sesuai dengan penelitian serta untuk keabsahan data peneliti menggunakan tekhnik triangulasi sumber. Dari penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembeljaran blended learning yakni memadukan pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran luring melalui kgiatan belajar tatap muka dengan mematuhi protikol kesehatan sesuai anjuran pemenrintah dan pembelajaran daring dilakukan melalui aplikasi Whatsapp, google Classroom, jetse meet dan Quizzis. Kegiatan pembelajaran daring dan luring dilaksanakan dengan komposisi 40% luring dan 60% daring. Pada mata pelajaran PAI menggunakan kurikulum yang disederhanakan sesuai edaran dari kemendikbud dan porsi jam pelajarannya dikurangi dari 40 menit menjadi 30 menit. Dalam proses pembelajaran PAI dilakukan dengan 3 tahapan yakni tahap yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaan implementasi blended learning pada mata pelajaran PAI peneliti menemukan hambatan-hambatan yakni faktor pendidik, faktor peserta didik dan faktor manajemen. Adapun solusi yang diberikan oleh sekolah yaitu melakukan sosialisai dan pendampingan dalam implementasi blended learning tersebut.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:07
Last Modified: 21 Feb 2023 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9849

Actions (login required)

View Item View Item