PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi di SMP Negeri 9 Kota Cirebon)

NISA DEWI, (2012) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi di SMP Negeri 9 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350070_NISA DEWI (58451086)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NISA DEWI: Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. (Studi di SMP Negeri 9 kota Cirebon). Rendahnya kemampuan siswa SMP dalam memahami matematika sudah dirasakan sebagai masalah yang cukup pelik dalam pengajaran matematika di sekolah. Salah satu penyebab rendahnya kualitas penalaran siswa dalam matematika adalah dalam pembelajaran matematika yang berpusat pada guru, konsep matematika sering disampaikan secara informatif, dan siswa dilatih menyelesaikan banyak soal tanpa pemahaman yang mendalam. Akibatnya, kemampuan penalaran siswa tidak berkembang sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pembelajaran matematika yang biasa berlangsung; (2) membuktikan ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing menjadikan kemampuan penalaran matematis siswa lebih baik daripada biasanya; (3) mengetahui respon/persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing. Pendekatan Problem Posing adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran dimana siswa diminta untuk merumuskan, membentuk dan mengajukan pertanyaan atau soal dari situsi yang disediakan. Dengan diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing dalam pembelajaran matematika, diharapkan dapat menjadikan kemampuan penalaran matematika siswa lebih baik dari biasanya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan metode eksperimen, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, angket dan tes. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Adapun jumlah subjek penelitian yang digunakan sebanyak 78 siswa yang dipilih secara acak (Sample Random Sampling). Data hasil instrumen kemudian dianalisis menggunakan rumus uji t-test independent. Adapun untuk mengetahui besarnya pengaruh menggunakan analisis regresi dengan variabel Dummy. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa besarnya pengaruh ditunjukan oleh hasil pengujian nilai koefisien determinasi sebesar 68,9%, sedangkan sisanya 31,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi proses pembelajaran. Adapun persamaan regresi variabel Dummy adalah = 58,3 + 21,5 X. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci : Pendekatan Problem Posing, Penalaran Matematis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 06:51
Last Modified: 06 Jun 2017 07:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item View Item