PENERAPAN TERAPI BEHAVIOR DENGAN POLA KOMUNIKASI SEKUNDER UNTUK MENGUBAH PERILAKU AGRESIF SISWA DI SDN KARANGASEM 1 KABUPATEN INDRAMAYU

Nadila Jahro Hayatuwalid, (2023) PENERAPAN TERAPI BEHAVIOR DENGAN POLA KOMUNIKASI SEKUNDER UNTUK MENGUBAH PERILAKU AGRESIF SISWA DI SDN KARANGASEM 1 KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306010_1_cover.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306010_2_bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306010_6_bab5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306010_7_dafpus.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan terapi behavior dengan pola komunikasi sekunder untuk mengubah perilaku agresif muncul saat seseorang merasakan adanya ancaman, dengan tujuan untuk melukai, menyakiti, mengintimidasi atau mendominasi orang lain. Pendidikan di Indonesia yang semakin panas. Adanya fenomena yang menunjukkan bahwa tingkat agresivitas di lingkungan pendidikan semakin meningkat. Hal ini terwujud dalam berbagai bentuk aksi kekerasan yang dilakukan oleh siswa. Sehingga perilaku tersebut menjadi penghambat dalam pelaksanaan proses pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan terapi behavior dengan pola komunikasi sekunder pada siswa di SDN Karangasem 1 Kabupaten Indramayu, mengidentifikasi bentuk perilaku agresif siswa di SDN Karangasem 1, menjelaskan penerapan terapi behavior dengan pola komunikasi sekunder pada siswa di SDN Karangasem 1 Kabupaten Indramayu. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V dan VI yang berjumlah 12 dari siswa kelas V sebanyak 6 orang dan siswa kelas VI sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi behavior dengan pola komunikasi sekunder membawa perubahan siswa yang memiliki perilaku agresif menjadi siswa yang memiliki kepribadian yang baik serta bisa menghargai satu sama lain juga dapat menambah pemahaman dan pengetahuan siswa mengenai terapi behavior dengan pola komunikasi sekunder di sekolah. Bentuk perilaku agresif siswa muncul seperti memukul, menyakiti, mendorong bahkan melukai orang lain. Maka dari itu penerapan terapi behavior dengan pola komunikasi sekunder untuk mengubah perilaku agresif siswa yang mempunyai perilaku agresif telah memiliki kesadaran untuk menjadi perilaku yang baik yang sebelumnya perilaku agresifnya sangat tidak baik menjadi baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Terapi Behavior; Pola Komunikasi Sekunder; Perilaku Agresif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:06
Last Modified: 08 Mar 2023 03:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item