EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA KELAS XI TENTANG BAHAYA NARKOBA DI SMA PLUS YAKPI SUSUKAN

Akhmad Fatoni, (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KESADARAN DIRI SISWA KELAS XI TENTANG BAHAYA NARKOBA DI SMA PLUS YAKPI SUSUKAN. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306069_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306069_2_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306069_6_bab5.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306069_7_dafpus.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Kelas XI yang dalam masa remaja juga merupakan periode Transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Periode ini juga amat beresiko. Sebagian anak muda kesulitan menangani begitu banyak perubahan yang terjadi dalam satu waktu dan mungkin membutuhkan bantuan untuk menghadapi bahaya disepanjang jalan. Masa transisi remaja ini seringkali digunakan untuk mencoba hal-hal yang baru, dimana seringkali mencoba hal-hal yang negatif seperti narkoba. Penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja kian meningkat, dikarenakan maraknya penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh remaja tersebut, sehingga dikhawatirkan akin membahayakan dikemudian hari. Fenomena banyaknya pengguna narkoba pada remaja disebabkan oleh berbagai faktor permasalaan. Hal tersebut disebabkan kurangnya Kesadaran diri terutama siswa-siswi di sekolah tentang bahaya narkotika. Rumusan masalah yang diperoleh peneliti adalah bagaimana gambaran awal kesadaran diri pada siswa, bagaimana rancangan program intervensi yang akan diberikan yaitu Bimbingan Klasikal, dan bagaimana efektivitas dari program bimbingan klasikal dalam membantu meningkatkan kesadaran diri siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kesadaran diri pada siswa, mengetahui Untuk mengetahui cara bimbingan klasikal mengedukasi siswa tentang bahaya narkoba dan untuk mengetahui apakah Bimbingan Klasikal efektif untuk mengetahui tingkat kesadaran diri siswa kelas XI tentang bahaya narkoba di SMA Plus Yakpi Susukan. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain penelitian One Group Pretest and Post-test Design.Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Plus Yakpi Susukan sejumlah 30 siswa, yang kemudian diberikan angket kesadaran diri yang telah diuji validitas, keseluruhan siswa tersebut berada pada kategori kesadaran diri rendah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gambaran awal kesadaran diri siswa yang memiliki tingkat dengan kategori rendah sebesar 93,33% (28 siswa), kategori sedang sebesar 3,33% (1 siswa), dan kategori tinggi sebesar 3,33% (1 siswa). Rancangan program Bimbingan Klasikal dalam membantu meningkatkan meningkatkan kesadaran diri siswa kelas XI SMA Plus Yakpi Sususkan dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: 1) Tahap pertama, uji Pre-Test kepada siswa; 2) Tahap kedua, merancang kegiatan layanan bimbingan klasikal; 3) Tahap ketiga pemberian layanan bimbingan klasikkal; 4)Tahap penutup uji post-Test.dan diperoleh hasil bahwa nilai Asymp.sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa Bimbingan klasikal dapat meningkatkan kesadaran diri peserta didik kelas XI SMA Plus Yakpi Susukan tentang bahaya narkoba dinilai cukup efektif dengan peningkatan sebesar 62,07%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Kesadaran Diri, Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:03
Last Modified: 10 Mar 2023 02:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10019

Actions (login required)

View Item View Item