Game Online Dalam Perilaku Sosial Dan Keagamaan Remaja (Studi Kasus di Dusun Pahing Desa Sindangsari Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan)

Aulia Nisa Pratiwi, (2023) Game Online Dalam Perilaku Sosial Dan Keagamaan Remaja (Studi Kasus di Dusun Pahing Desa Sindangsari Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306015_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306015_2_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306015_6_bab5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306015_7_dafpus.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Game online sudah banyak diminati oleh para kalangan bahkan menjadi suatu budaya dalam aktivitas keseharian masyarakat indonesia khususnya remaja dan sudah banyak didukung beberapa dari televisi dan perusahaan, seperti perusahaan smartphone yang sudah mendukung para gamers agar lebih menikmati permainan game online dengan ruang penyimpanan yang lebih, juga didukung dengan jaringan internet. Sebagian remaja di dusun pahing bermain game online hanya untuk menghilangkan rasa jenuh atau mengisi waktu luang dan ada juga yang bermain game online karna ingin menjadi pro player seperti idolanya. Dampak game online ada dua yakni; dampak positif dan dampak negatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dampak game online dalam perilaku sosial dan keagamaan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian field research (penelitian lapangan) menggunakan pengamatan dalam bentuk studi kasus, observasi partisipan, teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penyebab anak tertarik bermain game online diawali dengan coba-coba karena penasaran melihat teman sebayanya bermain game online sehingga ketagihan sampai sekarang dan juga dikarenakan jenuh dirumah kurangnya komunikasi dan pengawasan oleh orang tua. Orang tua yang mendampingi anak saat belajar, peka terhadap kebutuhan anak, melatih komunikasi anak, memberikan stimulasi untuk perkembangan sosial dan emosional anak. Sehinga akan berdampak positif dan negatif. Dampak positifnya anak dapat lebih berkonsentrasi, mampu bahasa inggris, dan mempererat silaturahmi selama wabah penyakit covid-19. Sedangkan dampak negatif anak melalaikan tugas sekolah, melalaikan ibadah sholat lima waktu, dan tidak mendengarkan nasihat orang tua. Keagamaan sangat penting untuk remaja sebagai pembekalan ilmu agar mengetahui hukum dan prinsip agama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Perilaku Sosial, Keagamaan Remaja
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 00:31
Last Modified: 08 May 2023 00:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item