Strategi Coping Stress Dalam Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Ferawati, (2023) Strategi Coping Stress Dalam Penyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306139_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306139_2_bab1.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306139_6_bab5.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306139_7_dafpus.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang menjadi tugas akhir berupa karya ilmiah yang harus di selesaikan oleh setiap mahasiswa, yangmana dalam penyusunan skripsi pasti ada halangan dan rintangan, halangan dan rintangan dalam penyusunan skripi menyebabkan beberapa mahasiswa merasakan stres karena adanya tekanan dari dalam diri ataupun luar diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi coping stress yang di lakukan oleh mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir skripsi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus pendekatan yang dilakukan secara intensif, terperindi dan mendalam terhadap gejala-gejala tertentu, yang memiliki sifat kekhususan, dapat dilakukan baik dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, dengan sasaran perorangan ataupun kelompok, bahkan masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data berupa, reduksi data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian ini gambaran stres yang dialami mahasiswa BKI dalam menyusun skripsi yaitu adanya tekanan dari dalam diri atapun luar sehingga membuat beberapa mahasiswa merasa kesulitan dalam menentukan judul penelitian dan ada beberapa yang merasa tertekan ketika melihat beberapa temanya yang sudah melaksanakan seminar proposal. Dampak stres yang dirasakan oleh mahasiswa BKI yang sedang menyusun skripsi diantaranya penolakan sehingga tidak dapat menerima dirinya sendiri,merasakan bosan,depresi hingga kurangnya rasa sabar dan bersyukur, hal ini terjadi karena kurangnya dukungan serta masukan positif dari orang tua,keluarga dan orang terdekat. Strategi coping stres yang dilakukan oleh mahasiswa BKI dalam penyususnan skripsi dengan berbagai cara, dengan cara nongkrong, ngopi, jalan-jalan, bermain, menangis, sedih yang berlarut larut, hingga melukai dirinya sendiri karena tidak bisa mengontrol emosinya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: stres, strategi coping stres, mahasiswa
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 00:43
Last Modified: 08 May 2023 00:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10169

Actions (login required)

View Item View Item