Resiliensi Perempuan Yang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran (Studi Kasus Pada Mahasiswi Bimbingan dan Konseling Islam di IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Dinda Rachmawati, (2023) Resiliensi Perempuan Yang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran (Studi Kasus Pada Mahasiswi Bimbingan dan Konseling Islam di IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1808306008_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306008_2_bab1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306008_6_bab5.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306008_7_dafpus.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Kenaikan jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan ini cukup menjadi sorotan krusial bagi masyarakat, karena perempuan kerap kali menjadi orang yang paling rentan mengalami kekerasan, contohnya kekerasan dalam pacaran. Kekerasan yang terjadi ditimbulkan karena adanya ketidakstabilan emosional seseorang serta belum memiliki pemikiran yang logis mengenai hubungan yang kurang sehat dan bagaimana dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kekerasan, kondisi psikologis korban, dan proses resiliensi yang diambil perempuan yang mengalami kekerasan dalam pacaran. Lima perempuan ini dilatar belakangi kasus yang berbeda untuk menjadi partisipan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur dan dinalisis secara tematik . Hasil dari penelitian ini ditemukan tiga tema, yang pertama tema gambaran kekerasan dalam pacaran pada perempuan, kondisi psikologis korban kekerasan dalam pacaran, proses resiliensi pasca mengalami kekerasan dalam pacaran. Hal ini selaras dengan pernyataan partisipan pada hasil penelitian yang ditemukan bahwa bentuk kekerasan yang dialami korban berupan kekerasan secara verbal, seksual dan non verbal, dampak yang dirasakan setelah mengalami kekerasan dalam pacaran adalah hilangnya rasa percaya diri terhadap korban, trauma yang mendalam, serta depresi berkepanjangan, hal ini dapat ditangani ketika seseorang sudah melalui resiliensi, proses resiliensi yang terdiri atas fase stress, fase rekonstruksi dan penguatan diri, serta fase resiliensi dapat memberikan penyadaran tentang pembentengan diri atas kekerasan yang terjadi dan memberikan pemahaman terhadap pengetahuan kekerasan dalam pacaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Resiliensi, dan Kekerasan Dalam Pacaran
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 00:46
Last Modified: 08 May 2023 00:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item View Item