Peran Orangtua Dalam Membangun Hubungan Komunikasi Interpersonal Kepada Anak Terhadap Perilaku Prososial Remaja (Studi Kasus di Desa Mertasingah Blok Lawanggede)

Nafhifa Islamiyah, (2023) Peran Orangtua Dalam Membangun Hubungan Komunikasi Interpersonal Kepada Anak Terhadap Perilaku Prososial Remaja (Studi Kasus di Desa Mertasingah Blok Lawanggede). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306099_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306099_2_bab1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306099_6_bab5.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306099_7_dafpus.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain, yang akan selalu mengadakan hubungan dengan orang lain. Setiap individu berhak dan berkewajiban untuk membantu sesama manusia, termasuk juga orang lanjut usia sebagai bagian dari masyarakat. Orang tua memiliki tanggungjawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anaknya untuk mencapai tahapan yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat, pada masa remaja ini akan memulai kehidupan sosial yang lebih nyata sebelum menjadi dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membangun komunikasi interpersonal terhadap anak, Upaya orang tua dalam meningkatkan komunikasi interpersonal anak terhadap perilaku prososial remaja Desa Mertasingah dan mengetahui perilaku prososial remaja di Desa Mertasingah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan fenomenologis dengan memaparkan, menjelaskan, menggambarkan data yang telah diperoleh oleh penulis melalui wawancara mendalam dengan melibatkan beberapa informan. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, wawancara, pengam atan mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa orangtua memiliki peran dalam perilaku prososial. Semakin berhasilnya orangtua melalukan komunikasi interpersonal kepada anak maka akan berhasil pula dalam berperilaku prososial. Faktor yang mendukung anak berperilaku prossial adalah faktor kepribadian (distress dan rasa epatik, penolong), dan faktor situasional (kondisi lingkungan, kehadiran oranglain).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua, Komunikasi Interpersonal, Sikap Prososial Remaja
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 May 2023 01:10
Last Modified: 08 May 2023 01:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item