Bimbingan Pranikah Dalam Meningkatkan Kematangan Psikologis Calon Pengantin Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kedawung

Anna Shoumilah Putri, (2023) Bimbingan Pranikah Dalam Meningkatkan Kematangan Psikologis Calon Pengantin Di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kedawung. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306202_1_cover.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306202_2_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306202_6_bab5.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306202_7_dafpus.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Kematangan psikologis sangat penting dalam menjalani kehidupan berumah tangga, agar calon pengantin siap dan mampu melewati rintangan yang dihadapi dengan tanpa emosional serta mampu menyelesaikan permasalahan dengan cara yang baik dan bijak. Bimbingan pranikah adalah pemberian informasi, pemahaman, bekal, dan peningkatan kesadaran calon pengantin tentang kehidupan berumah tangga. Keluarga bahagia dan tenteram pastinya harapan semua pasangan, akan tetapi untuk menggapainya pasti akan ada permasalahan karena perbedaan pendapat, perselisihan, dan emosional. Dalam pernikahan dibutuhkan kematangan psikologis, fisik, finansial dan ilmu tentang pernikahan. Maka perlulah adanya bimbingan pranikah sebelum melaksanakan pernikahan agar mengetahui dan memahami makna kehidupan pernikahan kelak dan mempersiapkan diri untuk kehidupan berumah tangga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan pranikah dalam meningkatkan kematangan psikologis calon pengantin di KUA Kecamatan Kedawung, dan gambaran kematangan psikologis calon pengantin di KUA Kecamatan Kedawung. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan informan sebanyak delapan orang, yang terdiri dari kepala KUA, penyuluh agama, dan enam orang calon pengantin. Sumber data yang digunakan dengan data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Kedawung dilakukan setiap hari senin dan kamis pukul 08.00-12.00 dan diberikan satu kali pelayanan untuk setiap pasangan. Bimbingan pranikah sudah baik dalam pelayanannya karena memberikan manfaat dan pengaruh positif terhadap calon pengantin untuk kematangannya secara fisik maupun psikologis. Gambaran kematangan psikologis calon pengantin di KUA Kecamatan Kedawung bahwa tidak semua calon pengantin sudah matang secara psikologisnya. Tetapi, setelah mengikuti Bimbingan Pranikah calon pengantin yang sebelumnya masih memiliki keraguan dapat meningkatkan kematangan psikologisnya. Dapat dilihat kematangan psikologis calon pengantin yang lebih meningkat ialah; calon pengantin pria AA, calon pengantin wanita RA, calon pengantin pria RN dan yang meningkatkan kematangan psikologisnya ialah; calon pengantin wanita MS, calon pengantin wanita W, dan calon pengantin pria F.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pranikah, Kematangan Psikologis, Calon Pengantin
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 00:54
Last Modified: 09 May 2023 00:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item