Program Rehabilitasi dalam Upaya Menumbuhkan Self-Awareness Terhadap Pemulihan Klien Pecandu Narkoba di Yayasan Putra Agung Mandiri Cirebon

Dwi Nanda Kusumawanti, (2023) Program Rehabilitasi dalam Upaya Menumbuhkan Self-Awareness Terhadap Pemulihan Klien Pecandu Narkoba di Yayasan Putra Agung Mandiri Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306116_1_cover.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306116_2_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306116_6_bab5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306116_7_dafpus.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Rehabilitasi menjadi suatu program yang holistic dan terpadu yang bergerak di bidang pemulihan terhadap kondisi yang memerlukan bantuan dan sukar dipulihkan jika hanya mengandalkan diri sendiri. Dalam pelaksanaanya self-awareness yang baik dibutuhkan untuk menunjang kekonsistenan klien pecandu narkoba dalam melaksanakan program rehabilitasi untuk pemulihan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program rehabilitasi yang dilaksanakan untuk menumbuhkan self-awareness klien terhadap pemulihan diri dan mengembalikan keberfungsian sosial. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan yang dilakukan secara intensif, terperinci, dan mendalam terhadap gejala-gejala tertentu, yang memiliki sifat kekhususan, dapat dilakukan baik dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, dengan sasaran perorangan ataupun kelompok, bahkan masyarakat luas Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan kategori, interpretasi langsung, peneliti membentuk pola dan mencari kesepadanan antara dua atau lebih kategori, dan mengembangkan generalisasi naturalistik melalui analisis data. Hasil penelitian ini gambaran self-awareness yang dialami klien setelah melaksanakan rehabilitasi tergolong semakin berkembang dan membaik dengan ditandai adanya perubahan dalam mengelola emosi, pengakuan diri, dan kepercayaan diri para klien. Rancangan program rehabilitasi terbagi atas rawat inap dan rawat jalan. Pelaksanaan program diantaranya terdiri dari penjangkauan, intake, screening, asesmen, rehabilitasi sosial, terminasi, dan vokasional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: program rehabilitasi, kesadaran diri, narkoba
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 01:08
Last Modified: 09 May 2023 01:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10198

Actions (login required)

View Item View Item