Analisis Coping Stres Pada Pedagang Dalam Menghadapi Stres Akibat Kondisi Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang di Desa Kramat Jaya Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka)

Ai Jejeh Nur Azizah, (2023) Analisis Coping Stres Pada Pedagang Dalam Menghadapi Stres Akibat Kondisi Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang di Desa Kramat Jaya Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306145_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306145_2_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306145_6_bab5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306145_7_dafpus.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Covid 19 yaitu suatu wabah menular yang disebabkan oleh virus SARS-COV-12. Awal mula virus ini muncul pada bulan Desember 2019 di Wuhan Cina. Wabah ini menyebabkan kematian karena menyerang pada pernapasan oleh sebab itu virus ini ditetapkan sebagai pandemi oleh World Healt Organization karena terjadi di sekala yang melintas internasional, dan juga mempengaruhi sebagian besar orang. Persebaran covid 19 ini semakin tinggi sehingga pemerintah pun tidak tinggal diam berusaha mencegah penularan atau kenaikan covid-19 ini dengan mengambil langkah strategis menerapkan beberapa kebijakan, Namun kebijakan ini menimbulkan masalah baru salah satunya berdampak pada sektor perekonomian salah satunya pada penurunan pendapatan pada pedagang. Hal ini memunculkan perasaan yang tidak nyaman dan mempengaruhi emosi pedagang. Emosi yang muncul pada beberapa pedagang diantaranya yaitu merasakan kecemasan, sulit tidur dan bersedih. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran stres pada pedagang dimasa pasca pandemi Covid-19, strategi coping stres yang dilakukan oleh pedagang dalam menghadapi stres akibat kondisi ekonomi pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa semua informan dalam penelitian ini mengalami gejala stres berupa gejala psikis seperti kecemasan yang berlebih, perasaan sedih yang mendalam, kebingungan, kesulitan mengambil keputusan, panik dan tertekan. Selain itu, Informan mengalami gejala prilaku berupa gangguan tidur, mudah marah, gelisah bahkan mengkonsumsi alkohol. Adapun gejala fisik yang ditunjukan berupa lemahnya daya tahan tubuh sehingga mudah sakit, pusing kepala, tekanan darah tinggi, mudah kecapean dan naiknya asam lambung.Adapun strategi coping stres yang digunakan pedagang yaitu Problem Focused Coping dan Emution Focused Coping. Problem Focused Coping berupa berjualan melalui online shop, bekerja sampingan, berpindah-pindah tempat berdagang dan mencari dukungan sosial. Sedangkan Emotion Focused Coping berupa memberikan penilaian positif serta melakukan kegiatan positif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Coping Stres, Pedagang, Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 01:12
Last Modified: 09 May 2023 01:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10199

Actions (login required)

View Item View Item