Penggunaan Hipnoterapi Teknik Object Imagery Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon

Uswatun Nadiah, (2023) Penggunaan Hipnoterapi Teknik Object Imagery Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306168_1_cover.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306168_2_bab1.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306168_6_bab5.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306168_7_dafpus.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Peran seorang siswa adalah belajar, perlu kiranya motivasi belajar tercipta. seiring dengan berkembangnya zaman motivasi belajar supaya lebih ditingkatkan. Bermain, keadaan ekonomi orang tua, lingkungan belajar tidak nyaman, Kecanduan bermain game, lingkungan sekitar yang kurang kondusif itu adalah sebagian contoh kecil fenomena yang ada di sekitar kita saat ini. Sehingga mengakibatkan motivasi belajar menurun. Motivasi belajar sangat penting dalam pengembangan diri, sebab pengembangan diri adalah belajar, belajar adalah pengembangan diri. Jika seorang anak ingin lebih sukses dibanding pencapaian keberhasilan anak saat ini, kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar. Salah satu cara yang mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan Motivasi Belajar adalah dengan Hipnoterapi. Hipnoterapi bisa untuk memperbaiki kebiasaan buruk. Malas belajar, kebiasaan buruk dan juga bisa memperkuat memori. Dengan metode hipnoterapi, peran diri anak akan terbantu, sehingga memudahkan proses belajarnya. Membaca jauh lebih cepat, saat menghafal jauh lebih mudah, karena semua akses pikiran dan otak diset kesana. Hipnoterapi bisa membangkitkan semangat siswa, dan dapat mensugestikan berbagai sugesti positif yang bertujuan meningkatkan rasa percaya diri, motivasi, perasaan diri mampu dan berharga, dan citra diri positif pada siswa. Penelitian ini berjudul “Penggunaan Hipnoterapi Teknik Object imagery untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Ciwaringin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswaSMP Negeri 1 Ciwaringin. Dalam penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen), dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tringulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif. Teknik pengumpula data adalah observasi, wawancara, Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini siswa merasakan adanya perubahan setelah dilakukan sesi hipnoterapi, siswa menjadi semangat belajar, mendpatkan nilai besar dikelasnya, menjadikan hal yang positif yang bisa dilakukan siswa. Dengan demikian penggunaan Hipnoterapi untum meningkatkan motivasi belajar benar adanya bisa untuk meningkatkan belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hipnoterapi, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 01:24
Last Modified: 09 May 2023 01:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item