Dampak Pembelajaran Online Terhadap Perilaku Sosial-Emosional Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Cihideunghilir Kabupaten Kuningan

Fitria Rindiyani Irawan, (2023) Dampak Pembelajaran Online Terhadap Perilaku Sosial-Emosional Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Cihideunghilir Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306213_1_cover.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306213_2_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306213_6_bab5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306213_7_dafpus.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

SD Negeri 2 Cihideunghilir Kabupaten Kuningan melaksanakan pembelajaran online sesuai kebijakan pemerintah di masa pandemi covid-19. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 1 juni 2021, selama pembelajaran online berlangsung di SD Negeri 2 Cihideunghilir Kabupaten Kuningan, banyak orang tua yang merasa tidak bisa memaksimalkan perannya menggantikan peran guru selama pembelajaran. Selain itu, peserta didik lebih asik bermain game daripada belajar. Larangan keluar rumah juga semakin membuat anak betah berlama-lama dengan ponselnya. Dengan begitu berdampak kepada perkembangan perilaku sosial-emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran online dan gambaran perilaku sosial-emosional serta dampak pembelajaran online terhadap perilaku sosial-emosional anak usia sekolah di SD Negeri 2 Cihideunghilir Kabupaten Kuningan. Metode dalam penelitian ini ialah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan sumber informasi dalam penelitian ini ialah berupa lima (5) peserta didik, empat (4) orang tua peserta didik, satu (1) kepala sekolah, dan juga dua (2) guru yang mengajar di SD Negeri 2 Cihideunghilir, Kabupaten Kuningan. Dengan demikian jumlah informan ialah 12 informan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran online di SD Negeri 2 Cihideunghilir Kabupaten Kuningan dimulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 11 siang dengan jangka waktu maksimal pengerjaan sampai pukul 14.00 WIB. Proses pembelajaran online berlangsung menggunakan media whatsapp. Gambaran perilaku sosial-emosional peserta didik di SD Negeri 2 Cihideunghilir menjadikan orang terdekat menjadi role model dalam kehidupan, memiliki rasa dukungan sosial, simpati, dan empati ditunjukkan dengan cara memberikan bantuan kepada teman sebayanya. Dampak negatif pembelajaran online di SD Negeri 2 Cihideunghilir diantaranya: anak tidak kooperatif, intensitas sosialisasi berkurang, anak mudah bosan, anak mengalami kekerasan verbal dari orang tua, nilai menjadi menurun. Sedangkan dampak positif dari pembelajaran online di SD Negeri 2 Cihideunghilir ialah anak menjadi mandiri dalam mengerjakan tugas, mempermudah pembelajaran pada saat pandemi, anak mempunyai waktu lebih bersama keluarga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Dampak Pembelajaran Online, Perilaku Sosial-Emosional
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 07:18
Last Modified: 09 May 2023 07:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item