Dampak Negatif Minuman Ber-alkohol Terhadap Kontrol Diri Remaja (Studi Kasus Di Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan)

Ruwab, (2023) Dampak Negatif Minuman Ber-alkohol Terhadap Kontrol Diri Remaja (Studi Kasus Di Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1708306033_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306033_2_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306033_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1708306033_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya problematikan yang terjadi dimasyarakat khususnya pada remaja. Dimana para remaja sebagian besar melakukan penyimpangan-penyimpangan terhadap norma yang berlaku dimasyarakat, dimana salah satunya remaja melakukan penyimpangan mengkonsumsi minuman ber-alkohol. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui serta menganalisis terkait dampak negatif minuman ber-alkohol terhadap kontrol diri remaja di Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan. Dalam penelitian ini mengambil teori dari Averill (1973) yang meliputi tiga aspek yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan sebanyak empat orang yaitu remaja yang mengkonsumi minuman ber-alkohol Di Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan. Jenis pendekatan yang digunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Remaja di Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan memiliki kontrol diri yang rendah. Kedua, faktor internal meliputi keingintahuan yang tinggi terhadap minuman ber�alkohol, faktor kepribadian, permasalahan pribadi. Faktor eksternal meliputi faktor keluarga, pengaruh teman sebaya, pengaruh sosial masyarakat. Ketiga, dampak negatif terhadap kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol pengambilan keputusan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dampak Negatif, Minuman Ber-alkohol, Kontrol Diri, Remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 07:21
Last Modified: 09 May 2023 07:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item