Implementasi Bimbingan Agama Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Islamiyah Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal

Muhammad Hikam, (2023) Implementasi Bimbingan Agama Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Islamiyah Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1808306073_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306073_2_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306073_6_bab5.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306073_7_dafpus.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Perilaku yang negatif atau kurang pantas yang dilakukan oleh siswa seperti halnya mengolok-olok sesama teman, berbicara kasar dan tidak sopan, mengerjai teman saat belajar, terlambat masuk ke dalam kelas, membuang sampah sembarangan, tidak memberikan salam kepada guru, dan dalam pergaulannya tidak baik sehingga perlu adanya bimbingan atau arahan agar dapat menjadi siswa-siswa yang berkarakter baik dengan proses pembelajaran yang diberikan oleh guru di madrasah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan agama, strategi bimbingan agama, dan kebermanfaatan bimbingan agama dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Islamiyah Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Metode penelitian menggunakan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan bimbingan agama dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Islamiyah Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal merupakan proses dalam perilaku siswa menjadi lebih baik dan menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara, 2) strategi bimbingan agama dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Islamiyah Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal menggunakan dua metode yang meliputi metode keteladanan dan metode kebiasaan. Penerapan tersebut dilakukan oleh kepala madrasah diniyah dan pembimbing untuk membentuk karakter siswa menjadi lebih baik dan sebagai wujud kepedulian kepada siswa agar didalam perilaku dan tindakan menjadi lebih baik, 3) kebermanfaatan bimbingan dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Islamiyah Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal yanag berhubungan dengan nilai religius, disiplin, msndiri, peduli sosial, dan tanggung jawab besifat positif karena adanya perubahan dalam periilaku siswa menjadi lebih baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama, Karakter, Siswa
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 07:43
Last Modified: 09 May 2023 07:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10218

Actions (login required)

View Item View Item