Penerapan Layanan Konseling Sosial Dalam Penyesuaian Diri Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3 Cirebon

Khoirun Nisa, (2023) Penerapan Layanan Konseling Sosial Dalam Penyesuaian Diri Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3 Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1808306074_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306074_2_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306074_6_bab5.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808306074_7_dafpus.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas X Madrasah Aliyah (MAN) 3 Cirebon berada pada tahap perkembangan remaja. Pada masa ini siswa mengalami penyesuaian diri yang sulit untuk dinilai baik atau buruk. Oleh sebab itu dalam penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah akan mengalami hambatan dan kesulitan karena dalam penyesuaian diri di pengaruhi oleh sifat atau pribadi yang dimiliki. Siswa yang berasal dari Jakarta, Brebes, Bekasi, Kuningan, Tegal, dan sebagainya, tinggal di pondok-pondok yang berada di sekitar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Cirebon, tentunya disetiap daerah miliki lingkungan yang berbeda. Perbedaan tersebut menjadikan siswa harus bisa menyesuaikan lingkungan rumah dan lingkungan pondok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan Layanan Konseling Sosial Dalam Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Terhadap Lingkungan Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3 Cirebon sumber data dalam penelitian ini adalah guru BK, walikelas X dan 4 orang siswa yang memiliki permasalahan dalam penyesuian diri terhadap lingkungan sekolah siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan Layanan Konseling Sosial Dalam Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Terhadap Lingkungan Sekolah Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 3 Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik analisis data. Studi kasus merupakan penelitian dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu atau (khusus) dalam suatu waktu dan kegiatan (program, even, proses, institusi atau kelompok sosial) serta mengumpulkan informasi secara terinci dan mendalam dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data tertentu. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah yang dimiliki oleh siswa masih tdak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, karena ada dua faktor yang sangat berpengaruh dalam penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah siswa kelas X di MAN 3 Cirebon yaitu faktor internal dan eksternal dengan latar belakang lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal berbeda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Layanan Konseling Sosial, Penyesuaian diri, Lingkungan sekolah
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 07:46
Last Modified: 09 May 2023 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10219

Actions (login required)

View Item View Item