Efektivitas Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Tadarus Untuk Menanamkan Kedisiplinan Pada Siswa Yang Sering Terlambat Di MTs Salafiyah Bode

Dina Safiratullaili, (2023) Efektivitas Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Tadarus Untuk Menanamkan Kedisiplinan Pada Siswa Yang Sering Terlambat Di MTs Salafiyah Bode. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306025_1_cover.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306025_2_bab1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306025_6_bab5.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306025_7_dafpus.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penggunaan teknik tadarus al-Qur’an untuk mendisiplinkan siswa jarang digunakan disekolah-sekolah. Padahal teknik ini menjadi salah satu media yang dapat membantu siswa untuk memperbaiki bacaan al-Qur’an. Teknik ini juga bisa menjadi ladang pahala dari pada hukuman yang menggunakan fisik. Namun karena banyak siswa yang menggap membaca al-quran merupakan hal yang terlalu mudah sebagai suatu hukuman, memungkinkan siswa untuk mengulang kesalahan yang sama. Maka dari itu, sekolah perlu membuat aturan tadarus yang sekiranya metode tadarus Al-Qur’an dapat meningkatkan kedisiplinan bagi siswa. Tadarus tersebut bisa dilakukan dengan menambah jumlah lembaran Al-Qur’an yang dibaca atau ditingkatkan dari membaca ke menghafal. Adapun tujuan dari teknik tadarus Al-Qur’an adalah untuk mengetahui keefektivitasan teknik tadarus Al-Qur’an terhadap kedisiplinan siswa yang sering terlambat di MTs Salafiyah Bode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment yang dilihat berdasarkan t hitung dan t tabel. Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS (Statistic Product For Service Solutions) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas bimbingan dan konseling islam menggunakan teknik tadarus Al-Qur’an di MTs Salafiyah Bode terbilang baik, dan kedisiplinan siswa terbilang cukup baik. Hal ini dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. hal ini diikuti dengan pernyataan Sig-hitung 0,04 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat yang artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara keefektivan teknik tadarus Al-Qur’an dengan kedisiplinan siswa di MTs Salafiyah Bode.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Teknik Tadarus Al-Qur’an dan Kedisiplinan
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 May 2023 08:43
Last Modified: 09 May 2023 08:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10227

Actions (login required)

View Item View Item