Peran Pendamping Penyuluh Sosial Dalam Membantu Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Karangampel

Miskoyriah, (2023) Peran Pendamping Penyuluh Sosial Dalam Membantu Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Karangampel. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306029_1_cover.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306029_2_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306029_6_bab5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306029_7_dafpus.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Peran pendamping penyuluh sosial merupakan proses kegiatan membantu masyarakat untuk memberikan informasi terkait program keluarga harapan. Untuk itu peran pendamping berperan penting dalam membantu mengarahkan dan membimbing masyarakat pada proses kegiatan program keluarga harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendamping dalam meningkatkan Kesejateraan masyarakat dalam membantu kebutuhan masyarakat melalui bantuan program keluarga harapan,kemudian mengetahui peran pendamping penyuluh sosial dalam melakukan kegiatan dilapangan kepada masyrakat RTSM sebagai peserta PKH. Metode yang akan digunakan sebagai teknik pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi untuk sumber informasi yang akan di lakukan sebagai seorang peneliti untuk data yang dibutuhkan.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pendamping ini sangat berperan penting sebagai fasilitator, pendidik, mediator dan motivator untuk masyarakat yang menerima bantuan PKH. Hal ini agar pelaksaan pendamping PKH dapat di arahkan. Di dalam kegiatan ada kendala dan hambatan yang terjadi pada peran pendamping PKH yang alami oleh masyarakat maupun pendamping PKH, kendala masyarakat mengalami kartu ATM hilang/terblokir kemudian hambatan yang dialami oleh pendamping PKH ini sulitnya peserta PKH ketika pengumpulan berkas data yang dibutuhkan. Sulitnya masyrakat ketika melakukan kegiatan pertemuan dengan pendamping PKH, pertemuan yang diadakan setiap 1 bulan sekali ini sangat di perlukan dan wajibkan untuk mengikuti kegiatan yang ada, karena pendamping PKH ketika malakukan pendampingan ke lapangan informasi yang akan di sampaikan sangat penting terkait PKH. Maka peran pendamping penyuluh sosial di masyarakat sangat berpengaruh dalam kegiatan pendampingan PKH. Dengan adanya peran pendamping ini dapat berjalannya suatu kegiatan dari pemerintah untuk membantu mastarakat terkait hambatan/ kendala yang dialami oleh masyarakat sebagai peserta PKH.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran pendamping,Program Keluarga Harapan
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 May 2023 07:30
Last Modified: 11 May 2023 07:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10239

Actions (login required)

View Item View Item