Peran Teknik Modelling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Pada Siswa MTs Negeri 1 Kota Cirebon

Rifa Rengganis Maryamah, (2023) Peran Teknik Modelling Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Pada Siswa MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306034_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306034_2_bab1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306034_6_bab5.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306034_7_dafpus.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya perilaku agresif siswa masih sering terjadi disekolah seperti berkata kasar, memukul teman, membuat keributan di dalam kelas saat jam pelajaran. Hal tersebut terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini untuk Mempelajari prosesspenerapan peran teknik modelling untuk meminimalisir perilaku agresif pada MTs Negeri 1 Kota Cirebon, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perilaku agresif anak di MTs Negeri 1 Kota Cirebon, menganalisis hasil akhir dari pemberian peran teknik modelling untuk meminimalisir perilaku agresif pada MTs Negeri 1 Kota Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pemikiran kesimpulan, dengan kesimpulan dalam penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini berkembang setelah penelitian berada di lapangan. Berdasarkan pembahasan dari penelitian terdapat pembahasan proses penerapan peran teknik modelling dilakukan dengan langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosa, prognosis, treatment/terapi yaitu dengan cara konselor sebagai model memberikan percontohan kepada siswa terkait dengan perilaku agresif sehingga dapat membentuk tingkah laku baru dan memperkuat tingkah laku yang sudah terbentuk, dan follow up/evaluasi. Faktor penyebab terjadi perilaku agresif yaitu adanya siswa-siswi yang sering bolos jam pelajaran, membuat keributan didalam kelas saat proses belajar mengajar berlangsung dan berkelahi. Hasil akhir dari peran teknik modelling yaitu siswa mengalami perubahan sikap yang lebih baik sebelum diadakannya pelaksanaan konseling.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Peran, Modelling, Perilaku agresif
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 May 2023 07:39
Last Modified: 11 May 2023 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10241

Actions (login required)

View Item View Item