Pengaruh Pemberian Psikoedukasi Seks Terhadap Pemahaman Perkembangan Seksual Siswa Kelas VI Madrasah Diniyah Babakan Ciwaringin Cirebon

Nur Kholifah, (2023) Pengaruh Pemberian Psikoedukasi Seks Terhadap Pemahaman Perkembangan Seksual Siswa Kelas VI Madrasah Diniyah Babakan Ciwaringin Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306038_1_cover.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306038_2_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306038_6_bab5.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306038_7_dafpus.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Semakin memasuki zaman modern yang canggih anak-anak semakin mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar dibandingkan dengan ana-anak dimasa dahulu. Anak juga menjadi lebih kritis, agresif baik dilihat dari segi sifat, sikap dan perilakunya. Oleh karena itu, perlu adanya pengedukasian peran orang tua, guru dan lingkungan yang ada disekitarnya yang harus mencegah anak untuk memenuhi hasratnya yang selalu ingin mencari tahu apa yang ada dalam pikirannya. Pada 2019 ada 6.454 kasus, 2020 ada 6.980 kasus, dan tahun 2021 periode Januari-November tercatat 7.545 anak korban kekerasan seksual. (Nasional. Okezone. Com). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian psikoedukasi seks, untuk mengetahui bagaimana profil perkembangan seksual, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian psikoedukasi seks terhadap pemahaman perkembangan seksual siswa kelas VI Madrasah Diniyah Babakan Ciwaringin Cirebon. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitiannya adalah penelitian asosiatif kausalitas dengan teknik kuantitatif. Menurut Sugiyono (2016, 55). Penelitian asosiatif kausalitas adalah peneliian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan penelitian ini maka akan dapat dibangun suatu teori yang berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan ataupun mengontrol suatu gejala. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh psikoedukasi terhadap pemahaman perkembangan seks yang telah dilakukan pada siswa/siswi kelas VI Madrasah Diniyah Babakan Ciwaringin, hal ini dilihat berdasarkan pengujian regresi dimana variable psikoedukasi memiliki nilai p-Value (pada kolom sig.) 0,000 dan 0,000 < Level of significant 0,05 dan nilai t tabel (1,67) < t hitung (6,269), artinya signifikan. Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya pengaruh psikoedukasi terhadap pemahaman perkembangan seks adalah sebesar 42,6%, nilai ini didapatkan dari hasil uji determinasi (pada tabel model summary).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Psikoedukasi dan Perkembangan Seksual
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 May 2023 07:43
Last Modified: 11 May 2023 07:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item