Dampak K-Pop Terhadap Perkembangan Psikologi Sosial Penggemar K-Pop Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam

Moch. Raka Saputra, (2023) Dampak K-Pop Terhadap Perkembangan Psikologi Sosial Penggemar K-Pop Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306056_1_cover.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306056_2_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306056_6_bab5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306056_7_dafpus.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Pada masa remaja merupakan massa peralihan dari masa kanak-kanak menuju ke masa dewasa. Sifat-sifat remaja sudah tidak memperlihatkan lagi sifat-sifat pada masa kanka-kanaknya, tetapi sudah mulai menunjukan sifat-sifat sebagai orang deawsa. Pada masa remaja pergaulan dan interaks sosial dengan teman sebaya bertambah luas dan kompleks di bandingkan dengan masa-masa sebelumnya termasuk pergaulan dengan lawan jenis. Pada masa remaja mencari bantuan emosional dalam kelompoknya salah satu sikap yang sering ditampilkan oleh remaja. Penggemar K-pop pada umumnya diangap sebgai individu yang memiliki permasalahan dalam mengontrol diri karena K-pop dilhat pada sebagian besar orang memberi dampak buruk pada kehidupannya. Kemampuan kontrol diri sangat diharpkan bagi penggemar K-pop untuk mengelolah kehidupannya dengan baik. Tujuan penelitian adalah megetahui dampak K-pop terhadap psikologi perkembangan sosial pennggemar K-pop di kalangan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam dan mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah mengenal k-pop. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap empat orang mahasiswa penggemar K-pop di Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Yang dianalasis menggunakan metode reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran dampak K-pop terhadap psikologi perkembangan sosial penggemar K-pop di kalangan Mahasiswa Jurusan Bimbimngan Konseling Islam itu masih perlu mengontrol diri agar tidak terlalu menyukai suatu hal. Semakin besarnya fenomena k-pop dan tidak diiimbingan dengan psikologi yang positif akan menyebabakan dampak perubahan psikologi yang ngeatif. Dalam dampak K-pop di kalngan Mahasiswa Jurusuan Bimbingan Konseling Islam kemungkinan bisa berdampak positif dan negatif tetapi penelitian ini menunjukan bahwa penggemar K-pop di kalangan Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam masih di batas yang wajar dan banyak dampak positif nya di bandinkan dengan dampak negatifnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Psikologi, K-pop, Penggemar k-pop
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 May 2023 08:03
Last Modified: 11 May 2023 08:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item