Penggunaan Aplikasi WhatsApp sebagai Layanan Media Informasi Bimbingan dan Konseling bagi Siswa Kelas 11 di SMAN 1 Luragung Kab. Kuningan

Yunita Maulidina, (2023) Penggunaan Aplikasi WhatsApp sebagai Layanan Media Informasi Bimbingan dan Konseling bagi Siswa Kelas 11 di SMAN 1 Luragung Kab. Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306085_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306085_2_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306085_6_bab5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306085_7_dafpus.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini dikenal dengan istilah revolusi industri ke empat atau industri 4.0. Revolusi industri 4.0 selalu identik dengan hal baru, perpaduan antara generasi milenial dan digitalisasi memunculkan perubahan yang cukup siginifikan. Pada era ini semuanya terintergrasi dan terkoneksi dengan digitalisasi dan internet. Salah satu media sosial yang saat ini tengah populer dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat ialah WhatsApp. Penggunaan WhatsApp ini dimanfaatkan juga oleh guru dan siswa yang dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk dilaksanakannya pembelajaran secara daring maupun luring. Berbagai cara atau strategi yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan WhatsApp untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan informasi bimbingan dan konseling dengan menggunakan WhatsApp, tanggapan siswa mengenai pemberian layanan informasi bimbingan dan konseling melalui WhatsApp serta mengetahui dampak dari pemberian layanan informasi menggunakan WhatsApp di SMAN 1 Luragung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu berjumlah delapan (8) orang yang ditentukan dengan mengggunakan teknik purposive sampling dengan kriterianya yaitu guru BK, siswa kelas 11 dan wakasek kurikulum di SMAN 1 Luragung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Layanan media informasi bimbingan dan konseling menggunakan whatsapp di SMAN 1 Luragung dapat diberikan dengan berbagai cara seperti membuat mading, poster, pamflet dan papan informasi bimbingan. Layanan yang diberikan melalui whatsapp ada dua yaitu layanan informasi khusus dan layanan klasikal. Selain itu, pemberian layanan informasi bimbingan dan konseling dengan menggunakan whatsapp dapat dikatakan kurang optimal dikarenakan adanya beberapa hambatan. (2) Tanggapan dari 5 orang siswa kelas 11 tentang layanan media informasi bimbingan dan konseling menggunakan whatsapp itu pelaksanaannya dapat memudahkan untuk mengakses informasi ataupun materi yang diberikan oleh guru BK, informasi yang diberikan itu tentang karir, kelanjutan pendidikan dan pengumuman lainnya. Terlepas dari itu, ada siswa yang mengatakan bahwa terdapat kesulitan atau hambatan yang dirasakan oleh siswa maupun guru BK. (3) Dampak dari penggunaan aplikasi whatsapp sebagai layanan media informasi bimbingan dan konseling di SMAN 1 Luragung ini dapat dilihat dari segi hubungan interaksi siswa, segi pemahaman, dan segi informasi yang didapatkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: WhatsApp, Layanan Informasi, dan Bimbingan Konseling
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 00:43
Last Modified: 12 May 2023 00:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item View Item