Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Dalam Meningkatkan Konsep Diri Pada Remaja Di Desa Pancalang Kabupaten Kuningan

Tiara Andini, (2023) Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Dalam Meningkatkan Konsep Diri Pada Remaja Di Desa Pancalang Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306110_1_cover.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306110_2_bab1.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306110_6_bab5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306110_7_dafpus.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Masa remaja adalah masa sulit ketika remaja mungkin menemukan siapa diri mereka, masa ini merupakan masa untuk membangun konsep diri seseorang. Konsep diri adalah aspek yang menentukan dari pengalaman seseorang saat mereka bertransisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Setiap orang berperilaku sesuai dengan konsep dirinya sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran konsep diri, pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy, pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy dalam mengembangkan konsep diri pada remaja di Desa Pancalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah studi kasus. Gambaran konsep diri remaja Desa Pancalang yaitu ada dua kategori. Sebagian remaja memiliki konsep diri positif, sebagian lagi memiliki konsep diri negatif. Konseling Rational Emotive Behaviour bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan konsep diri. Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy digunakan dengan tujuan menghilangkan pikiran-pikiran irasional lalu mengubahnya menjadi pemikiran rasional sehingga berdampak pada konsep diri para remaja. Dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy konsep diri pada remaja di Desa Pancalang bisa ditingkatkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: REBT, Konsep Diri, Remaja
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 00:46
Last Modified: 12 May 2023 00:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10254

Actions (login required)

View Item View Item