Dampak Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak-Anak di Dusun Manis Desa Mandirancan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan

Muhammad Rizal Asyiva, (2023) Dampak Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak-Anak di Dusun Manis Desa Mandirancan Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306132_1_cover.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306132_2_bab1.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306132_6_bab5.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306132_7_dafpus.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Terdapat banyak anak-anak yang menggunakan gadget di lingkungan dusun Manis desa Mandirancan kecamatan Mandirancan kabupaten Kuningan. Pada dasarnya gadget itu memberikan dampak positif dan dampak negative akan tetapi sangatlah disayangkan jika di pergunakan oleh kalangan anak-anak, sebab banyak anak-anak yang lupa akan kewajibannya setelah menggunakan gadget. Contoh : setiap malam tidak pernah belajar, jika di perintah oleh orang tua tidak didengarkan dan sulit di ganggu jika sudah menggunakan gadget. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui penggunaan gadget pada anak-anak di dusun Manis desa Mandirancan kecamatan Mandirancan kabupaten Kuningan, Mendeskripsikan kondisi kesehatan mental anak-anak di dusun Manis desa Mandirancan kecamatan Mandirancan kabupaten Kuningan, Mendeskripsikan dampak gadget terhadap Kesehatan mental anak-anak di dusun Manis desa Mandirancan kecamatan Mandirancan kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus, studi kasus yang merupakan salah satu jenis metode penelitian kualitatif. Digunakan untuk meneliti mengenai suatu peristiwa secara mendalam guna mendapatkan pengetahuan yang mendalam pada peristiwa tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan gadget pada penelitian ini menggunakan gadget dari 1-4 jam perhari. Kondisi kesehatan mental pada penelitian ini cukup baik karna orang tua yang mempunyai anak pengguna gadget selalu membatasi penggunaannya dalam setiap hari. Dampak dari penggunaan gadget melihat dari sisi negative seperti yang dikatakan oleh informan yaitu penurunan kegiatan belajar anak, emosi anak yang tidak stabil, anak jika ditegur saat sedang menggunakan gadget akan marah, dan dari sisi positifnya seperti kreatifitas anak meningkat, anak lebih mudah untuk menemukan hal baru, anak dapat menambah wawasan lewat gadget dengan mudah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Kesehatan Mental, Anak-Anak
Subjects: T Technology > Information Technology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 00:56
Last Modified: 12 May 2023 00:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item